Posts

Showing posts from 2014

Behind The Scene Kumpulan Cerita Anak Hebat

Image
         Alhamdulillah buku Kumpulan Cerita Anak Hebat yang saya tulis, telah terbit. Ada 17 cerita pendek yang sangat seru dan penuh hikmah di dalamnya. Buku ini cocok untuk menemani sahabat semua di saat liburan. Harganya Rp 30 ribu. Boleh pesan ke saya bebas ongkir untuk Jabodetabek. Atau temukan buku ini di Gramedia terdekat. Ribuan terima kasih saya ucapkan kepada Penerbit KakiLangit Kencana dan Bu Editor, Khanifah dan Inez Kriya yang sudah bersedia menerbitkan naskah saya.
         Makasih juga pada Cici Dian Kristiani, udah ngasih pengumuman lowongan naskah dari Bu Khanifah di PBA. Mohon doanya, agar buku ini laris manis dan bermanfaat untuk semua pembacanya ya. (FB Nelfi Syafrina)

Buku Anak Seri Teka-teki Sahabat dan Tabi' Rasulullah SAW

Image
Alhamdulillah sudah terbit seri Teka-teki Sahabat Rasulullah. Ada 6 judul yang sudah ada di toko buku seluruh Indonesia. Teka-teki Umar Bin Khatab, Teka-teki Abu Dzar AlGhifari dan Teka-teki Abdurrahman bin 'Auf, Teka-teki  Shalahuddin Al Ayubi, Teka teki Saad bin Abi Waqqash dan Teka-teki Bilal bin Rabah, Teka-teki . Buku ini berisi kisah para sahabat Rasulullah SAW disertai aktivitas menarik di dalamnya. Adik2 yang baru bisa membaca pasti menyukainya. Ayo ayah bunda, bacakan buku ini untuk ananda ya. Semoga ananda lebih mengenal sahabat Rasulullah SAW. Aamiin... Harganya Rp25.000,- ya.
Terima kasih banyak saya ucapkan untuk Mbak Andar , Mas Dhidit dan penerbit Tiga Serangkai

Behind The Scene Cerita Rakyat Afrika Selatan

Image
Alhamdulillah buku terbaru karya saya akhirnya terbit juga. Ada dua buku yang akan saya ceritakan kisah terbitnya yang cukup membuat saya terharu.
          Pertama buku kumpulan cerita Rakyat Afrika Selatan. Naskah buku ini saya tulis akhir tahun 2011 lalu. Saat itu saya mengikuti sebuah kelas menulis online bersama Mbak Ari Kinoysan Wulandari. Alhamdulillah setelah selesai mengikuti kelas online, saya dan semua peserta kelas online diminta menulis cerita rakyat. Cerita rakyat yang kami tulis adalah cerita rakyat dari luar negeri. Saya sendiri mendapat tugas membuat Cerita Rakyat Afrika Selatan.

Hadiah Sarung Dan Peci Dari Bunda Idhayu Kusuma

Image
Kira-kira bulan Juni 2014 lalu, saya mengikuti kuis di FB Komunitas Penulis Bacaan Anak (PBA). Kuis kali ini hadiahnya cukup banyak. Sehingga saya pun memberanikan diri untuk ikut. Apalagi tantangannya sangat mudah.Semua peserta diminta memposting cerpen anak di wall FB mereka masing-masing. Sebagai penulis bacaan anak, saya pikir saya harus ikut. Apalagi tidak ada syarat khusus bahwa cerpen yang kami buat harus baru. Tema-nya pun bebas.

Datangnya Fitnah Dajjal

Akhir-akhir ini saya dan mungkin kita semua seringkali mendengar kabar tentang sesuatu. Misalnya tentang pemilihan presiden yang baru seslesai beberapa bulan lalu. Sebagian mengatakan bahwa calon presiden A, begini dan begitu. Demikian juga dengan calon presiden B, begini dan begitu.

TIK Penting Untuk Siswa SD, Tapi...

Image
“Bu, bantu kirimin cerpennya ya?” atau “Bu, cerpennya saya kirim ke email ibu dulu. Nanti kalau ibu sudah selesai membacanya, tolong kasih masukan ya Bu,” demikian beberapa ucapan murid-murid saya setelah saya selesai mengajar. Saya seorang guru ekskul menulis di sebuah SDIT di Bekasi. Menurut saya penggunaan fasilitas IT bagi siswa di ekskul menulis merupakan sebuah keharusan. Pertama saya memberikan materi teori kepada siswa saya dengan menggunakan Infocus. Jika menggunakan benda ini tentu saja saya harus menggunakan PPT yang sudah saya siapkan di laptop saya.

Idul Adha

takbir berkumandang di penjuru dunia
menggaungkan kebesaran Allah Rabbul Izzati
menandakan kemenangan
dari sifat binatang pada insan

Daftar Haji Yuk!

Image
Pergi menunaikan ibadah haji, pasti semua muslim ingin melakukannya. Jika saya ditanya tentang itu, maka jawab saya pasti mau banget. Karena mau banget itulah saya sudah berusaha menabung untuk berangkat menuju tanah suci itu sejak tahun 2012.
    Alhamdulillah setoran pertama sebanyak 25 juta, sudah berhasil saya kumpulkan pada awal september ini. Saya dan suami pun langsung mengurus ke kantor Kemenag untuk mendapatkan nomor porsi haji. Pertama saya datangi dulu kantor bank Muamalat tempat saya menabung untuk ONH saya.

Kumcer, Gaya Unik 15 Sahabat Rasulullah Saw

Image
Alhamdulilah, buku Gaya Unik 15 Sahabat Rasulullah SAW. Buku ini berisi kumpulan cerita 15 Sahabat Rasulullah SAW tapi dari POV yang berbeda. Saya menulisnya dari sudut pandang benda atau ciri khas sahabat beliau tersebut. Semoga melalui sudut pandang yang berbeda ini, para pembaca cilik maupun orangtuanya jadi mudah mengingat kisah mereka.
Terima kasih kepada Penerbit Tiga Serangkai, Mbak Tiara Dwi Andarastuti dan Mas Dhidit/ Mas Hari, yang sudah berkenan menerima dan menerbitkan naskah saya. Harga buku ini Rp40.000. Di setiap cerita, terdapat ilustrasi yang memukau.

Picbook Seri Dokter Kecil. Penerbitan Pelangi Indonesia

Image
Judul: Tolong, Noe Pingsan! Penulis: Nelfi Syafrina Tebal: 24 hal Penerbit: Penerbitan Pelangi Indonesia
Hari Minggu siang memang paling asyik ramai-ramai main sepatu roda di lapangan GOR. Lana, Noe, Putra, dan Bima tidak mau ketinggalan. Sebelum bermain, mereka memakai helm dan pelindung lutut, kecuali Noe.
Lana dan teman-teman sudah memperingatkan Noe untuk memakai helm dan pelindung lutut, tapi Noe tidak mau mendengar. Dia terus saja melaju bersama sepatu rodanya. “Ayo, kejar aku!” teriaknya girang. Sampai akhirnya ….
“Aduh, kepalaku pusing!” keluh Noe. Setelah itu, Noe terkulai. Dia pingsan! Wah, bagaimana ini? Apa penyebab Noe pingsan?
Untung saja Lana tahu apa yang harus dilakukan jika ada teman yang pingsan. Bersama Putra dan Bima, Lana cekatan menolong Noe. Hm, dari mana Lana punya pengetahuan dan keterampilan ini, ya? Selain menolong Noe, ternyata Lana juga pernah menolong teman-teman yang lain.
     Buku ini bercerita tentang petualangan Lana bersama teman-teman. Saat bertualang, …

Kumcer Hantu Siul, Dar! Mizan

Image
Hantu Siul
Harga : Rp59.000,-
Penulis : Hana Sugiarti dkk
Penerbit : Dar! Mizan 2014

Salah satu judul cerita dalam kumcer ini adalah Akibat Angin Kencang. Saya menulis cerpen ini terinspirasi oleh kisah saya bersama nenek waktu saya kecil dulu. Nenek mengajak saya mencari durian di jalan menuju sawah kami. Kisah serunya bisa ditemukan di buku ini.

Tips untuk Penulis Pemula

Sudah memutuskan untuk menjadi penulis? Kalau begitu, ayo mulai menulis. Pertama, pilihlah genre tulisan yang akan kamu tulis. Menulis fiksi atau non fiksi. Untuk dewasa atau anak-anak. Jika memilih fiksi, bisa dibagi lagi, menulis novel atau cerpen. Biasanya kalau cerpen bisa dikirim ke media. Novel bisa dikirim ke penerbit. Setelah menentukan pilihan. Fokuslah pada pilihan tersebut. Memang sih, banyak penulis yang multitasking. Bisa menulis semua bidang. Tapi yakinlah, sebagai pembelajar, sebaiknya kamu fokus dulu pada satu pilihan saja. Misalnya menulis novel. Pelajari dulu teknik menulis novel. Lalu implementasikan dalam sebuah karya.

Resensi Novel Anak Terjemahan Secret Kingdom, Istana Ajaib

Judul : Secret Kingdom, Istana Ajaib Penulis : Rosie Banks Penerjemah : Erna Fitrini Penerbit : Mizan Fantasi, cetakan pertama 2013 Harga: Rp 35.000,-
“Jangan lihat lebih jauh dari hidungmu, Jangan lihat lebih jauh dari jari-jari kakimu! Ketika kamu memandangku, kamu akan melihat, Jawabannya sejelas satu, dua tiga!”

Haruskah Saya Berhenti Menjadi Penulis?

Pertanyaan di atas pasti akan muncul suatu hari, walau entah kapan. Kenapa pertanyaan seperti itu bisa muncul? Ayo kita cari tahu penyebabnya. Ketika pertama berkeinginan menjadi penulis, banyak sekali hal muluk yang terbayang dalam pikiran kita. Misalnya buku atau tulisan kita dipajang di rak buku. Nama kita sebagi penulisnya tertera dengan indahnya di buku itu. Atau nama kita tertera sebagai penulis di naskah yang dimuat di media cetak.
      Atau keinginan menjadi penulis karena tergiur oleh royalti yang besar. Atau tergiur oleh fee yang akan kita peroleh dari media yang memuat tulisan kita. Untuk alasan yang disebutkan tadi, kita berusaha untuk mulai menulis. Bahkan kita mengikuti berbagai kelas menulis. Baik yang online mau pun yang offline. Baik yang gratis mau pun berbayar.

Mudik dan Baralek

Saya adalah seorang perantau dari Bukittinggi, Sumbar. Saat ini saya dan keluarga kecil kami bertempat tinggal di Bekasi. Momen mudik, tentulah sangat kami nantikan. Apalagi kalau mudik pada saat bulan Ramadhan atau Syawal (lebaran). Biasanya saat itu semua keluarga besar saya akan berkumpul. Kami saling mengunjungi sanak saudara yang tinggalnya tidak begitu jauh dari rumah ayah saya. Momen mudik juga saya jadikan sebagai ajang mengenalkan 3 anak saya kepada saudara mereka. Mengajarkan mereka bersilaturrahmi sejak dini, adalah suatu keharusan bagi kami. Seperti saya dulu, yang sering diajak bersilaturrahmi ketika lebaran tiba oleh ayah saya. Saya bersyukur karena anak-anak saya sangat menikmati ajang silaturrahmi ini.

Demam Berdarah Mengintai Kita

Tanggal 24 Juni 2014 lalu, saya diuji Allah dengan sebuah penyakit. Saya harus dirawat karena dokter menemukan gejala penyakit demam berdarah dalam darah saya. Suhu tubuh saya yang naik turun selama lebih dari 3 hari ditambah dengan rasa nyeri di beberapa sendi tubuh saya. Dokter UGD sebuah rumah sakit swasta di Bekasi, akhirnya meminta saya melakukan pemeriksaan laboratorium. Ternyata hasil dari pemeriksaan darah tersebut terdapat indikasi yang mengarah ke penyakit demamberdarah. Nilai trombosit saya saat itu masih normal, tapi sudah nyaris diambang batas normal. yaitu 155.000. Normalnya 150.000 - 500.000. Demikian juga dengan nilai leukosit dan hematokrit darah saya yang sudah sedikit di bawah normal.

Mengaji Bersama Kakek

Image
Hanif, Fathan dan Kakek (Foto : dokpri) Sebelum shalat tarawih, pasti selalu ada kultum di masjid dekat rumah Hanif. Biasanya sebelum kultum dimulai, Hanif dan teman-temannya bergiliran membaca AlQuran. Malam ini, giliran Hanif yang tampil ke depan untuk membaca AlQuran. Hanif sudah mempersiapkan diri sejak sebelum Ramadhan. Dia ingin bacaan AlQurannya lancar saat tampil nanti. “Iqra’ bismirabbikalladzi khalaq,” Hanif mulai membaca Al Quran, Syaamil Quran yang ada di depannya. Semua jamaah khusu’ mendengarkan bacaan Hanif. Ada kakek yang ikut mendengarkan bacaan Hanif saat itu. Kakek mengangguk-angguk sambil sesekali mengusap matanya. Kakek menangis! “Shadaqallahul adziim,” Hanif mengakhiri bacaannya. Dia kembali ke tempat duduknya di samping kakek.

[Masa Kecil Tokoh] Baharuddin Jusuf Habibie

“Rudi, bantu ibu untuk berkemas yuk,” pinta Ibu pagi itu. Walau aku anak ke empat dari delapan bersaudara. Bapakku Alwi Abdul Jalil Habibie dan ibuku R.A. Tuti Marini Puspowardojo. Mereka sangat menyayangi kami anak-anaknya. Dalam beberapa hal, mereka berdua kurasa sangat menyayangiku. Mungkin karena aku anak laki-laki pertama dalam keluargaku. “Berkemas? Kita akan ke mana Bu?” tanyaku bingung. “Kita akan pindah dari Pare-pare Nak. Insyaallah dalam pekan ini, kita pindah ke Larrae’,” sahut Ibu. Aku bingung mendengar perkataan ibu ini. Kenapa kami harus pindah? Tapi aku tidak berani bertanya lebih banyak. Kulihat Ibu diam, itu artinya pasti ada sesuatu yang dipikirkan Ibu.

Sebuah Pengabdian

Image
Kontes #Semangat Berbagi Blog Emak Gaoel bersama Smartfren


Bapak Yusri Namanya Bapak Yusri, usianya saat ini 60 tahun. Tadi beliau mengirim SMS pada saya. Bunyinya. “Ada sumbangan untuk musalla Ittihad tahun ini ndak?” Tentu saja saya segera membalas SMS beliau. Saya jawab, ya, saya akan menyumbang. Saya insyaallah akan memberikan uang sumbangan itu dalam pekan ini. Bapak Yusri adalah salah satu pengurus sebuah musala kecil di tengah kota Bukittinggi, kampung halaman saya. Musala ini sudah cukup tua. Bangunannya pun sebagian terbuat dari papan. Atapnya seng. Musala itu berdiri sejak tahun 1974, setahun lebih tua dari saya.
Musala Ittihad, yang usianya lebih tua dari saya ^_^

(Review Buku) Super Handbook for Super Teens

Image
Ketika melihat buku ini di wall FB Mbak Fita, saya langsung tertarik dengan buku ini. Saya pikir buku ini pasti sangat keren. melihat kavernya yang berwarna pink dengan judul berwarna warni makin membuat saya tertarik untuk membaca buku ini.
     Apalagi sebagai seorang emak dari dua ABG cewek dan cowok, saya mewajibkan diri saya untuk membeli buku ini. Saya akan membelinya begitu saya berkunjung ke toko buku, demikian pikir saya waktu itu.

Menata Daun Pisang

Image
Sore itu aku dan beberapa anggota karang taruna desa sedang sibuk mempersiapkan acara buka puasa bersama. Seperti tahun sebelumnya, kami mengadakan acara buka bersama dengan memasak sendiri makanan untuk berbuka. Aku sebenarnya hanya pendatang di desa ini. Karena sehari-hari aku tinggal di kota Bukittinggi. Aku datang ke desa ini karena desa ini adalah tempat tinggal nenekku. Setiap minggu, aku mengunjungi beliau. Walau hanya sesekali aku ke sini, tapi masyarakat desa ini cukup mengenalku. Jadi mereka juga sering mengajakku terlibat dalam kegiatan yang mereka lakukan. “Apalagi yang mau dikerjakan Tek Ayu?” tanyaku setelah semua bahan masakan selesai disiapkan. Aku baru saja selesai memotong sayur dan mengupas bumbu untuk dihaluskan.

Nilai Rapor Zahra

Image
“Loh kok cemberut sih? Kan nilai Zahra bagus. Mama nggak marah kok, Zahra nggak rangking satu.” ujar Mama sambil menatap Zahra dengan lembut. “Tapi, aku kesal Ma, kenapa Mira bisa rangking satu terus. Aku kan juga ingin rangking satu,” gerutu Zahra. “Sayang, mama senang, Zahra rajin dan suka berkompetisi. Tapi Zahra harus ingat, hanya Allah yang memutuskan siapa yang mendapat nilai tertinggi. Jadi, lebih baik kita bersyukur karena Zahra berhasil mendapatkan rangking dua,” jelas mama.

Menularkan Cinta Indonesia Pada Keluarga

Image
Saya lahir dan dibesarkan di Bukittinggi, Sumbar, salah satu bagian dari wilayah Indonesia. Diasuh oleh orang tua yang juga asli Bukittinggi. Sebagai warga negara Indonesia, tentunya saya bangga menjadi salah satu penduduk negeri ini. Lalu bagaimana cara saya mengungkapkan rasa bangga dan cinta saya pada negeri ini?      Salah satu keindahan kota Bukittinggi, kota kelahiran saya         Mencintai negara sendiri sebenarnya sangat sederhana. Misalnya coba perhatikan benda dan peralatan yang kita gunakan di rumah. Apakah sepatu yang kita pakai adalah produk dalam negeri? Bagaimana dengan tas, pakaian, peralatan rumah tangga dan benda-benda lainnya. Jika ternyata kita menemukan produk asing lebih banyak yang kita gunakan, mungkin saatnya kita menggantinya dengan produk dalam negeri.

Liebster Award, Tanda Persahabatan Dari Saya

Image
Hari senin lalu saya mendapat mensyen di group facebook emak-emak bloger dari Kak Wylvera. Kak wiwiek, begitu biasa saya biasa menyapa beliau, ternyata memberikan semacam penghargaan pada saya. Sebagai seorang sahabat yang awalnya kenal di dunia maya (Facebook), tentunya saya merasa sangat tersanjung sekaligus merasa haru. Kak wiwiek menganggap saya salah satu sahabat yang ingin dikenalnya lebih dekat. Walau sebenarnya kami cukup dekat.

Digital Icon, Ajang Kompetisi Bermusik di Internet

Baru tahu nih saya, ternyata Uzone (Telkom Indonesia) bekerja sama dengan Republik Cinta Manajemen (RCM) mencari bakat-bakat baru di dunia musik, yang bertajuk Indonesia Digital Icon. Sebuah terobosan keren dari PT Telkom Indonesia. Telkom Indoenesia berhasil menarik perhatian remaja / para penggguna internet untuk menggunakan internet melalui ajang yang bermanfaat. Salah satunya dengan kompetisi bermusik. Ternyata bukan di TV saja ya ada kompetisi bermusik, di internet pun ada! hehehe...
         Ajang pencarian bakat ini dimulai sejak Desember tahun lalu. Ternyata minat pengguna internet dalam mengikuti ajang ini sangat besar. Terbukti dalam waktu sebulan saja, sudah 1800 video dari berbagai pelosok negeri yang diunggah ke situs www.uZone.co.id/digitalicon. Wow, keren! Dari ribuan video itu, tentunya para juri harus memilih yang paling keren. Hasilnya, dari sekian ribu video yang diunggah melalui aneka gadget ini, terpilihlah 80 peserta. Ada yang dari grup band, penyanyi …

Cerpen. Gru, Sahabat Sejati

Gru, Sahabat Sejati Nelfi Syafrina Gru seekor gurita kecil terlihat sedih. Dia bersembunyi di antara terumbu karang. Tadi dia melihat sekelompok ikan bermain riang. Ketika Gru menghampiri mereka, mereka mengusirnya. “Kamu bukan ikan. Tanganmu yang banyak terlihat menjijikkan!” usir salah satu ikan itu. Gru terkejut mendengar penolakan mereka. Dia berenang menjauhi anak-anak ikan itu. “Tak usah bersedih. Mereka pasti akan rugi jika tidak mau berteman denganmu,” sapa Uci udang. “Mereka mengejekku karena aku memiliki banyak tentakel,” cerita Gru. “Sudahlah, kamu bisa main bersamaku di sini,” sahut Uci sambil berenang di sela terumbu karang. Gru menurut. Uci benar, lebih baik dia main bersama Uci saja. Mereka pun lalu bermain di sela terumbu karang.

Ayo Mendongeng untuk Anak di Kompas Klasika bersama Nusantara Bertutur

Image
Beberapa bulan lalu, seorang teman dalam grup menulis di Blackberry, meminta kami mengirimkan naskah cerita anak sepanjang 1500 karakter dengan menambahkan pesan moral di akhir cerita. Cerita itu nantinya akan dimuat di rubrik Nusantara Bertutur Kompas Klasika.
      Sebagai penulis, tentu saja saya tidak membuang kesempatan ini. Saya langsung menulis sebuah fabel dengan gurita sebagai tokoh utamanya. Setelah itu saya mengirimkan cerpen itu kepada teman saya melalui email beliau. Kuang lebih sebulan setelah itu, mbak Ida, teman saya ini mengabari, bahwa cerpen saya sudah dibuatkan dummy-nya. Dan sedang dalam pembahasan redaksi Kompas Klasika bersama Ketua Nusantara Bertutur.

Membuat Paspor Online yang Berakhir Offline

Ada pengalaman sedih saat saya mengurus Paspor beberapa hari lalu. Pasalnya saya sudah merasa persiapan saya sempurna. Saya sudah mendaftar dan mengisi beberapa data di formulir pembuatan Paspor online. Saya juga sudah mengirim scan surat-surat penting. Dan saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kedatangan pembuatan paspor dari imigrasi pada tanggal 30 April 2014. Yang meminta saya membawa berkas tersebut ke bank dan membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di berkas yang dikirimkan ke email saya.

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati

Image
Kawasan Summarecon Bekasi

Pembukaan acara One Day Tour with Bloger
          19 April 2014 lalu saya dan beberapa teman bloger berkesempatan untuk mengikuti One Day Tour with Bloger bersama Summarecon Bekasi. Sebenarnya, sebelum saya mengikuti One Day Tour ini, saya sudah sangat sering ke Summarecon Bekasi. Mulai sejak Summarecon Bekasi memulai project mereka (waktu itu harga jual rumah mereka masih 500 jutaan per unit). Karena kebetulan rumah saya sekitar 15 menit dari Summarecon Bekasi.
       Ketertarikan saya disamping ingin mengetahui produk terbaru dari Summarecon Bekasi, juga ingin melihat kondisi terkini dari perumahan Summarecon Bekasi. Secara sekarang sudah susah masuk ke dalam perumahan mereka. Perlu meninggalkan KTP jika bukan penghuni langsung yang masuk ke wilayah perumahan tersebut. Dulu, sebelum perumahan ini dihuni, saya masih bisa minta izin saja pada Satpam perumahan untuk melihat-lihat kawasan perumahan meskipun tidak masuk ke dalam clusternya. Tapi sekaran…

Aplikasi Anak Cerdas Acer, Mencerdaskan Anak Indonesia

Image
Tiga hari lalu saya mengunduh aplikasi anak cerdas dari acer. Menurut review yang saya baca sebelumnya sih, aplikasi ini sangat bagus untuk anak-anak. Karena tertarik dengan judulnya yang bertajuk anak cerdas ini, saya pun buru-buru mengunduhnya. Karena sebagai emak dari krucil yang masih bersekolah di sekolah dasar, tentunya saya ingin krucil saya bisa maksimal dalam belajar, termasuk dalam menggunakan gadget.

ASUS Notebook Terbaik dan Favoritku

Image
Si Biru kesayangan dengan sedikit lingkaran yang dibuat oleh balita saya. Saya sudah lama berkenalan dengan ASUS. Awalnya saya menggunakan produk mother board ASUS untuk komputer saya (PC). Untuk ketangguhan ASUS di komputer saya, ini sudah tidak terbantahkan lagi. Sampai sekarang, PC saya masih bisa digunakan. Suatu hari suami saya memberikan hadiah notebook pada saya. Mungkin karena saya sering sekali menggunakan laptopnya untuk melakukan pekerjaan saya sebagai penulis. Atau mungkin juga dia ingin memberi kejutan di hari ulang tahun saya. Entahlah, yang saya ingat, tepat tanggal 3 september 2012, suami saya tercinta menyerahkan si biru ini pada saya.

Mencoba Mengirim CV Yang Tidak Seberapa Ke SB2014

Nama saya Nelfi Syafrina. Selain menjadi ibu rumah tangga, saya menjalani hari saya sebagi penulis bacaan anak. Saya berkenalan dengan blog tahun 2008. Saat itu saya ingin mencari kegiatan baru setelah resign dari tempat kerja saya sebagai perawat di salah satu rumah sakit besar di Bekasi. Awalnya tidak mudah menjalani hari sebagai ibu rumah tangga saja. Karena saya sudah biasa dengan kesibukan dan rutinitas bekerja. Untuk itu saya mencari kegiatan baru. Saya memilih belajar menjadi penulis cerita anak sebagai kegiatan baru saya. Karena saat itu anak saya yang baru satu, sangat suka mendengar saya mendongeng. Makanya saya berpikir untuk menuliskan cerita itu untuknya. Saya pun mengikuti workshop menulis cerita anak yang diselenggarakan oleh salah satu majalah wanita islami di Jakarta.

Maka, Nikmat Allah Yang Mana Yang Kau Dustakan?

Image
Sore itu, saya baru saja selesai memasak untuk makan malam kami sekeluarga. Seperti biasa, setelah pekerjaan rumah beres, saya mengecek blackberry guna melihat barangkali ada pesan yang perlu saya jawab. Ternyata benar, WhatsApp saya terlihat ada notif. buru-buru saya buka WA. lalu saya baca pesan yang ternyata dari salah satu editor buku yang saya tulis.
      Dalam pesannya, Kang Rama (editor saya) mengucapkan selamat atas terpilihnya buku saya sebagai peraih penghargaan buku islam terbaik kategori buku fiksi anak di Islamic Book Fair 2014. Tak terbendung air mata saya. Kaget, tak percaya dan senang bercampur aduk dalam hati.

IBF Award 2014, Islamic Book Fair, 1 Maret 2014, Senayan Jakarta

Image
Alhamdulillah buku DAI Anak Muslim Cerdas mendapatkan penghargaan sebagai buku fiksi anak terbaik tahun 2014 di Islamic Book Fair 2014. Penghargaan ini saya persembahkan untuk Allah SWT. DIA Sang Pemilik Ide dan mengalirkan ide itu melalui tulisan yang saya tuangkan dalam buku-buku saya, khususnya buku ini.

Di Balik Layar Buku Anak Seri Teka-teki

Image
Alhamdulillah lahir juga buku seri teka-teki. Ada 6 judul dalam seri ini. Teka-teki Umar Bin Khattab, Abu Dzar Al Ghifari, Bilal bin Rabah, Abdurrahman bin Auf, Saad bin Abi Waqqash dan Shalahudidin Al-Ayubi. Hanya saja hinga bula Februari ini baru 4 judul yang beredar di toko buku di seluruh Indonesia. Yaitu empat judul pertama yang saya sebutkan tadi.
     Naskah ini adalah naskah perdana saya diorder oleh penerbit, tepatnya Penerbit Tiga Ananda (Imprint Tiga Serangkai)  yang beralamat di Solo. Awalnya, Mbak Andar, Chief Editor Buku Anak Tiga Ananda mengirim pesan lewat BBM pada saya. Beliau  bertanya apakah saya punya waktu.

Hidayah Itu Mutlak Dari Allah

Image
#1Hari1Ayat
    Bismillahirrahmanirrahim..
    Beberapa kali saya membaca web yang isinya tentang seorang anak yang tadinya sangat islami, namun ketika remaja dan dewasa, berbalik berperangai sangat tidak islami. Sebagian mengatakan karena si anak tidak mendapatkan pengajaran yang seharusnya didapatkannya dari orangtua dan guru mereka. Sebagian lagi  mengatakan karena lingkungan yang meyeret mereka ke keadaan yang tidak islami itu.
    Menurut sebuah catatan di FB yang saya baca, anak-anak generasi sekarang sering bertanya berbagai hal yang menyangkut larangan dan perintah Allah. Mereka bertanya kenapa begini dan kenapa begitu. Tugas orangtua dan guru harusnya menjelaskan sesuai kemampuan mereka menjawab semua pertanyaan anak-anak mereka. Ketika si anak puas dengan jawaban itu, maka luruslah dia. Tetaplah dia dalam jalan islam.
    Namun, ketika dia tidak mendapatkan jawaban yang seharusnya, maka mereka akan membelot dari islam. Seperti yang dibahas oleh seorang ustadz di sini.
    …

[Review Buku] Teman Baru

Image
Aquana baru pindah ke rumah kakek Riswan karena kedua orangtuanya meninggal dunia. Tentu saja dia harus bersekolah di sekolah baru dan bertemu dengan teman-teman baru. Salah satu teman barunya bernama Akon. Gadis kecil yang dicap aneh oleh teman-temannya yang lain. Karena Akon sering tiba-tiba menghilang dari rumahnya. Kadang Akon juga sering mengumpulkan bunga tanjung di jalanan dekat perumahan mereka. Sehingga teman-temannya tidak ada yang mau bermain dengannya.
       Tapi tidak demikian dengan Aquana. Sebagai anak baru, tentu saja dia ingin bermain dan berteman dengan siapa saja. Suatu hari Akon mengajak Aquana bermain. Seperti biasa, Akon mengumpulkan bunga tanjung saat mereka bermain.

Rezeki Allah Maha Luas

Image
#1Hari1Ayat
        Pernahkah sahabat merasa tertipu dalam beribadah? Maksud saya begini. Suatu ketika, seseorang memohon pada kita untuk meminjam sejumlah uang. Menurutnya uang itu untuk suatu kebutuhan dasar yang jika tidak didapatnya, maka mereka akan sengsara berkepanjangan.
         Karena merasa sesuatu halburuk akan menimpa saudara kita, maka dengan berbagai cara kita mengupayakan pinjaman untuk membantu seseorang itu. Entah dengan cara meminjam lagi ke pada orang lain, atau dengan cara menangguhkan pembayaran SPP anak-anak dan lainnya.

Tips Menghindari Kejahatan di Tempat Umum.

Image
#1Hari1Ayat Jika Anda sedang berada di terminal bis, di bandara di stasiun kereta api maupun tempat-tempat umum lainnya sebaiknya melakukan tips berikut ini: - Sebelum memulai kegiatan, berdoalah terlebih dahulu. Semoga Allah melindungi perjalanan Anda. - Anda harus berhati-hati dan selalu waspada.

Bacaan Untuk Anak Shalih, Ya Allah Berkahilah Makanan dan Minuman Kami

Image
Beberapa waktu lalu saya mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh teman saya sesama penulis. Kuis itu berhadiah buku yang baru saja terbit. Judulnya Ya Allah, Berkahilah Makanan dan Minuman Kami, Kisah-kisah Tentang Adab Makan dan Minum Dalam Islam. Buku ini diterbitkan DAR! MIZAN tahun 2013. Alhamdulillah, saya berhasil memenangkan hadiah buku tersebut.

Hindari Menumpuk Harta

Image
#1Hari1Ayat   
     Barusan saya menonton acara berita pagi di TV. Tayangan ini sedang menayangkan tentang beberapa 'penjahat' yang menyimpan hartanya dalam tempat rahasia. Salah satunya gembong narkotika yang bertempat tinggal di Meksiko. Orang ini ternyata menyimpan semua uang dan perhiasannya dalam sebuah ruang rahasia. Ruang rahasia itu nyaris saja tidak ketahuan sama polisi setempat. Begitu kamar rahasia itu ditemukan, para polisi tidak melihat suatu yang mencurigakan di kamar itu.

BERKACA PADA PENGAMEN JALANAN

Image
#1Hari1Ayat hari ke 15
Suatu hari saya sedang berada di dalam sebuah bis kota yang akan membawa saya ke tempat tujuan kami ke Salemba. Ketika bis sedang melaju perlahan sembari menaikkan penumpang, seorang pengamen jalanan masuk kedalam bis. Dia mengucapkan salam serta beberapa patah kata pembuka untuk memulai pekerjaannya.

Musibah Banjir dan Letusan Gunung Sinabung

Image
#1Hari1Ayat hari ke 14
Bismillahirrahmanirrahim
        Sungguh sedih melihat banjir yang terjadi di wilayah Jakarta dan sekitarnya. Hampir tiap tahun kita menyaksikan hal ini baik secara langsung maupun melalui berita di televisi. Melihat masyarakat yang terpaksa mengungsi ke tenda pengungsian. Rasanya hati tak tega melihat semua itu. Apa daya, saya hanya bisa berdoa, agar mereka sabar dan ikhlas menerima ketentuan Allah ini.

KEB di Mataku, Pemberi Inspirasi dan Rekreasi

Image
Hepi besdey KEB... Tak terasa sudah dua tahun saya bergabung bersama KEB. Awalnya saya bergabung di KEB karena ada lomba blog yang diselenggarakan KEB. Saya baru sadar, ternyata saat itu KEB baru lahir ketika saya mengikuti lomba tersebut. Postingan jadul itu bisa dilihat di sini. (Psst... jangan ketawain postingan jadul saya ya maks. Secara mayan parah tulisannya gak ada pargrafnya. *tepok jidad* Kan saat itu saya masih pemula juga di dunia perblogeran... *halah ngeles*)

Selamat Ulang Tahun yang Ke 60, Pa

Image
#1Hari1Ayat hari ke 12 Apa, demikian saya memanggil ayah saya. Beliau adalah sosok yang paling saya sayangi, hormati, dan kagumi. Semenjak Ama, ibu kami meninggal, praktis Apa yang merawat saya dan kedua adik saya. Waktu itu saya masih 5 tahun, sedangkan adik saya Feri 3 tahun dan An, satu setengah tahun. Bisa kalian bayangkan betapa repotnya mengurus kami yang masih balita saat itu seorang diri. Namun karena beliau harus bekerja dan mencari nafkah untuk kami, Apa tidak bisa merawat kami secara full time. Beliau terpaksa mendelegasikan tugas itu kepada ibunya, yang biasa kami panggil amak.

Mahram Dari Jalur Saudara Sepersusuan

Image
#1Hari1Ayat hari ke 11
Bismillahirrahmanirrahim
        Beberapa minggu lalu saya pernah melihat sebuah tayangan televisi yang bertema Donor ASI. Di tayangan itu seorang ibu yang mendonorkan ASI-nya kepada lebih dari sepuluh orang bayi. Penyebab bayi itu mendapat donor ASI sangat beragam. Umumnya karena Ibu kandung mereka tidak bisa menghasilkan ASI.

Jihad Wanita

Image
#1Hari1Ayat Alhamdulillah... kata itu harus selalu kita ucapkan apa pun dan bagaimana pun keadaan kita. Saya sering merasa minder ketika bertemu teman-teman lama di fesbuk. Umumnya mereka saat ini telah menjadi 'seseorang.' Sementara saya masih 'begini-begini' saja. Saya pernah curhat mengenai hal ini pada beberapa teman yang saya percayai. Untungnya teman-teman saya ini memberi semangat. Mereka mengatakan bahwa jihad wanita salah satuya adalah dengan membentuk anak-anak mereka menjadi anak shaleh/shalehah. Kalau laki-laki bisa berjihad dengan bekerja, berperang (dalam kondisi perang). Maka wanita di samping melahirkan juga menjadikan anak-anak mereka sebagai generasi rabbani.

Tips Menyusui Untuk Ibu dengan Bayi Baru Lahir

Image
#1Hari1Ayat hari ke 9 Biasanya bayi, khususnya baru lahir akan sering sekali menangis, kadang kita sebagai bundanya bingung apa yang harus kita lakukan ketika bayi kita menangis. Mungkin kita bisa perhatikan dulu apakah popoknya basah atau tidak. Atau apakah dia lapar atau tidak. Untuk mengetahui bayi lapar, kita bisa meletakkan jari kita di samping bibirnya. Jika bayi mencoba untuk memasukka jari kita kemulutnya berarti dia sedang lapar, dan segeralah susui dia.

Ayo Berantas Penyakit Demam Berdarah Yang Mematikan!

Image
#1Hari1Ayat hari ke 8

Seperti yang kita ketahui. setelah pergantian musim dari musim hujan kemusim panas, atau sebaliknya, seperti sekarang ini, penyakit demam berdarah mulai terdengar mewabah kembali. Untuk itu jika kita tidak ingin keluarga kita, anak, suami/ istri kita diserang penyakit yang mematikan ini, maka mari bersama-sama kita mencegahnya sebelum penyakit ini menghantam sitem kekebalan tubuh kita.

Maling Gembok

Image
#1Hari1Ayat hari ke 7
Beberapa tahun lalu, rumah kami kedatangan tamu tak diundang sekitar jam 4.15 subuh. Saat itu saya berada di kamar. Saya baru saja selesai memberi ASI untuk bayi saya. Tiba-tiba saya seperti mendengar bunyi pintu pagar rumah kami dibuka. Padahal saat itu suami, anak anak , adik, serta adik ipar dan keluarganya yang kebetulan menginap malam itu masih di kamar masing-maing. Awalnya saya pikir itu mungkin suara pagar rumah tetangga. Barangkali tetangga depan rumah saya akan berangkat ke kantornya lebih awal. Tapi batin saya berpikir lagi. Suara itu terdengar sangat dekat. Mungkinkah itu suara pagar rumah saya yang dibuka? Kalau benar, siapa yang membuka pintu sebelum subuh begini?

Tahanlah Marahmu

Image
#1Hari1Ayat hari ke 6
            Siapa pun pasti pernah marah, masalahnya bagaimana kita bisa mengelola marah itu sehingga bisa tersalurkan dengan baik. Hari itu seperti biasanya saya harus mengajar murid-murid kecil saya di TPA dekat rumah. Namun karena ada tukang di rumah yang sedang memperbaiki atap rumah saya yang bocor. Jadi mau tak mau saya harus minta ijin kepada kepala TPA bahwa saya tidak bisa masuk pada hari itu. Saya mengirim SMS ke HP beliau. Meskipun beliau tidak membalas SMS, saya yakin beliau sudah membacanya dan mengijinkan saya untuk tidak masuk.

Mendengarkan Ayat AlQuran

Image
#1Hari1Ayat hari ke 5
          Dulu, puluhan tahun lalu, sewaktu pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah, guru kami Bapak H. Usmar Marlen mengatakan, bahwa setiap makhluk bertasbih pada Allah, termasuk tumbuhan. Tentu saja kami bertanya bagaimana caranya tumbuhan bertasbih pada Allah? Pak Usmar memberikan contoh.
        Salah satu contohnya adalah ketika suatu penelitian membuat sebuh percobaan dengan meletakkan dua kelompok tanaman. Satu kelompok tanaman diperdengarkan ayat-ayat suci alquran, sedangkan kelompok yang lain di perdengarkan musik rock yang menghentak telinga. Kedua kelompok tanaman ini di letakkan di suatu tempat yang tidak terkena sinar matahari dan tidak disirami selama sebulan.

Belajar Menjadi Ibu dengan Surga di Telapak Kakinya

Image
#1Hari1Ayat Hari ke-4
Menjadi Ibu dengan surga di telapak kakinya di jaman sekarang sangatlah sulit, tapi bukannya tidak mungkin. Berbagai rintangan menghadang semua ibu yang bercita-cita surga mendapatkan di bawah telapak kakinya. Anak-anak kita sekarang di kelilingi ancaman fisik maupun moral yang membahayakan mereka. Contohnya bisa kita lihat dari berbagai tayangan film atau sinetron yang bertema anak, namun malah mengusung kekerasan fisik dan mental yang tidak sehat untuk anak. Ada juga buku-buku yang terlihat seperti buku anak, ternyata bermuatan kekerasan dan pornografi. Bahkan game yang sering mereka mainkan juga bermuatan kekerasan dan pornografi. Hal inilah yang membuat sulitnya untuk menjadi seorang Ibu.

Untuk Ananda Tersayang

Image
#1Hari1Ayat Hari ke 3

Sayangku..
Ingatlah ketika kau marah kepada ibu atau bapakmu, itu artinya kau sedang mengingkari kehadiranmu.
Allah menghadirkanmu ke dunia ini melalui mereka berdua.
Allah memberikan rizki untukmu melalui mereka berdua.
Allah memberikan rasa sayang kepada mereka agar mereka menyayangimu.
Allah menitipkanmu pada mereka.
Itulah kenapa mereka terlihat cerewet padamu.
Dari lubuk hati mereka, mereka hanya ingin menjagamu, karena kau adalah titipan dari Nya.

Allah Sang Penyembuh Segala Penyakit

Image
#1Hari1Ayat Hari ke 2 
Bismillahirrahmanirrahim
       Saya yakin pasti kita semua sudah pernah mengalami suatu penyakit. Entah itu penyakit ringan atau penyakit berat. Saya pun demikian. Sudah lama saya menderita penyakit maag. Saya sudah meminum obat dari dokter. Saya juga sudah mencoba obat herbal berupa madu dan habbatussauda, sayangnya penyakit maag ini belum sembuh total. Bahkan kadang penyakit ini bertambah. Sesekali kepala saya sebelah kiri sakit (migren) lain waktu kepala sebelah kanan yang sakit. Kadang ditambah dengan nyeri sendi di lengan dan kaki saya.

Alat Kontrasepsi dan AlQuran Surah AlBaqarah Ayat 222

Image
 #1Hari1Ayat, Hari Pertama
    Bismillahirrahmanirrahim,
   Beberapa hari lalu ketika saya membaca Quran,Surah Albaqarah ayat 222 yang berbunyi sebagai berikut:

Mereka bertanya kepadamu tentang haidh. Katakanlah: haidh itu adalah suatu kotoran". Oleh sebab itu hendaklah kamu menjauhkan diri dari wanita di waktu haidh; dan janganlah kamu mendekati mereka, sebelum mereka suci. Apabila mereka telah suci, maka campurilah mereka itu di tempat yang diperintahkan Allah kepadamu. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertaubat dan menyukai orang-orang yang mensucikan diri.