Thursday, January 9, 2014

Ayo Berantas Penyakit Demam Berdarah Yang Mematikan!


   #1Hari1Ayat hari ke 8

     Seperti yang kita ketahui. setelah pergantian musim dari musim hujan kemusim panas, atau sebaliknya, seperti sekarang ini, penyakit demam berdarah mulai terdengar mewabah kembali. Untuk itu jika kita tidak ingin keluarga kita, anak, suami/ istri kita diserang penyakit yang mematikan ini, maka mari bersama-sama kita mencegahnya sebelum penyakit ini menghantam sitem kekebalan tubuh kita.

     Untuk itu mari kita ketahui terlebih dahulu tempat dimana biasanya nyamuk Aides Aigipty ini bersarang. Sebagai spesies nyamuk elit, sang aides aigipty bertelur dalam genangan air jernih seperti bak mandi, bak penampungan air. Nyamuk elit ini tidak mau bertelur di tempat-tempat yang berhubungan langsung dengan tanah. Seperti got atau saluran air sisa pembuangan dari perumahan. Tapi dia memilih air yang jernih dalam wadah sebagai tempat bertelurnya.
         Contoh lainnya ketika suatu ketika bidan Kustinah, petugas Puskesmas Harapan Jaya Bekasi Utara mendatangi penderita yang terserang demam berdarah di rumahnya, beliau menemukan jentik nyamuk ini di dalam bak mandi, padahal bak mandi ini baru dikuras sehari sebelumnya, setelah diusut, ternyata sang nyamuk berasal dari tower air, atau bak penampungan air yang tidak pernah dikuras.
            Atau pada kesempatan lain, bidan Kustinah menemukan jentik nyamuk di kloset kamar mandi pada rumah yang sedang direnovasi. Air yang menggenang di kloset yang sudah lama tidak digunakan itu ternyata merupakan tempat yang nyaman bagi si nyamuk elit ini.
         Atau pada lain kesempatan ibu bidan kita menemukan jentik nyamuk ini pada plastik bekas yang sudah digenangi air hujan, atau pada tutup botol air mineral yang tergenang air bersih, maupun pada vas bunga yang airnya tidak pernah diganti dan vasnya jarang dibersihkan. 
         Pada kesempatan lain beliau juga pernah menemukan jentik nyamuk pada saluran air diatas genteng yang kebetulan tergenang, bahkan suatu tempat yang tidak pernah kita pikirkan yaitu kulkas. Sebagaimana kita ketahui lemari pendingin ini memiliki tampungan air di belakangnya yang berfungsi untuk menampung es yang mencair ketika kulkas kita bersihkan.
      Jadi kesimpulannya sang nyamuk elit ini akan mengeluarkan telurnya pada air jernih yang tergenang, untuk itu mari kita periksa semua isi rumah kita maupun halaman rumah kita, apakah kita menemukan air jernih yang tergenang? Jika kita menemukannya segeralah membersihkannya.
    Cara yang biasa dianjurkan untuk menumpas nyamuk demam berdarah ini adalah seperti yang sering kita dengar di TV yaitu dengan 3 M:
-          Menutup semua tempat penampungan air.
-          Menguras bak air dan bak penampungan air, 3 kali seminggu.
-          Mengubur semua barang-barang bekas yang bisa menampung air. Atau barang-barang bekas itu dikumpulkan dan didaur ulang.
     Jika kita mempunyai tower / tempat penampungan air yang cukup tinggi, yang mungkin susah mengurasnya setiap 3 kali seminggu, maka masukkan bubuk abate kedalam tower, setiap sebulan sekali. Selalu memperhatikan tempat-tempat yang memungkinkan bersarangnya jentik nyamuk ini seperti yang sudah kita bahas diatas tadi.
     Pengasapan yang biasanya dilakukan oleh petugas puskesmas dan pegawai kelurahan hanyalah bersifat membunuh nyamuk dewasa,tapi tidak membunuh jentik nyamuk, jika jentik nyamuknya masih ada, jentik nyamuk itu akan tumbuh menjadi nyamuk dewasa, dan akan menyebarkan virusnya kepada kita semua. Jadi alangkah baiknya kita memperhatikan cara pencegahan timbulnya jentik nyamuk diatas untuk langkah selanjutnya setelah pengasapan dilakukan.
     Dan yang terakhir adalah dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan kita dimulai dari rumah kita terlebih dahulu. Bukankah mencegah lebih baik dari pada mengobati? Karena jika sudah terkena penyakit ini tidak sedikit biaya yang akan kita keluarkan. Mulai dari konsultasi dokter, sampai pemeriksaan laboratorium yang membutuhkan biaya puluhan, bahkan ratusan ribu.
      Saya hanya mengingatkan untuk kita semua agar selalu waspada dengan apa pun termasuk dengan penyakit demam berdarah. Bukankah Allah menyukai orang yang suka mengingatkan saudaranya dalam kebaikan? seperti firmanNya dalam alquran surat Al 'Ashr ayat 1-3 :
1. Demi masa.
2. Sesungguhnya manusia itu benar-benar dalam kerugian,


3. kecuali orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh dan nasehat menasehati supaya mentaati kebenaran dan nasehat menasehati supaya menetapi kesabaran.

2 comments:

  1. Terima kasih atas nasehatnya, menjaga lingkungan memang sebagian dari iman

    ReplyDelete

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^