Tips Menyusui Untuk Ibu dengan Bayi Baru Lahir



#1Hari1Ayat hari ke 9
Biasanya bayi, khususnya baru lahir akan sering sekali menangis, kadang kita sebagai bundanya bingung apa yang harus kita lakukan ketika bayi kita menangis. Mungkin kita bisa perhatikan dulu apakah popoknya basah atau tidak. Atau apakah dia lapar atau tidak. Untuk mengetahui bayi lapar, kita bisa meletakkan jari kita di samping bibirnya. Jika bayi mencoba untuk memasukka jari kita kemulutnya berarti dia sedang lapar, dan segeralah susui dia.
Posisi menyusui sebaiknya diatur senyaman mungkin untuk bayi maupun ibunya. Posisi menyusui yang nyaman untuk bayi adalah dengan badannya miring, dan perutnya menempel pada perut ibu. Agar ibu dapat degan nyaman memeluk bayi .Posisi ibu adalah duduk dengan santai kalau perlu dengan punggung bersandar pada sesuatu, sehingga Asi akan mengalir dengan lancar, dan bayi pun akan menyusu dengan nyaman dan sampai kenyang.
            Agar nutrisi yang di dapatkan bayi maksimal, sebaiknya susui bayi Anda dengan salah satu payudara dulu sampai payudara itu benar-benar sudah 'kosong' . Jika bayi masih lapar barulah Anda pindahkan bayi menyusu ke payudara yang lain. Karena menurut dokter anak yang membantu persalinan bayi saya, ternyata lemak dalam ASI lebih banyak terdapat pada Asi yang paling terakhir keluar. Jadi jangan pindahkan bayi anda ke payudara yang lain sampai ASI di payudara yang sedang di minumnya benar-benar habis.
Tips yang lain adalah, jika ternyata bayi masih menangis, padahal popoknya tidak basah, dan dia juga sudah menyusu atau sudah kenyang, mungkin saja saat itu bayi Anda mengantuk dan ingin tidur.  Maka peluklah dia dulu atau ditimang-timang. Kadang bayi ingin merasakan kehangatan ibunya agak lebih lama sampai dia benar-benar tertidur pulas. Jika anda merasa capek atau lelah dengan memeluk bayi terlalu lama, coba bergantian dengan suami, saudara, baby sitter atau ibu Anda.
Jika bantuan tidak ada, maka bersabarlah degan tetap memeluk bayi Anda, tanamkan dalam pikiran Anda bahwa Anda sangat menyayangi bayi Anda. Anggaplah ini sebagai ibadah yang akan mengantar Anda ke surgaNya kelak. Karena Allah berfirman  dalam Alquran surah Al Baqarah ayat 233 : 


233. Para ibu hendaklah menyusukan anak-anaknya selama dua tahun penuh, yaitu bagi yang ingin menyempurnakan penyusuan. Dan kewajiban ayah memberi makan dan pakaian kepada para ibu dengan cara ma'ruf. Seseorang tidak dibebani melainkan menurut kadar kesanggupannya. Janganlah seorang ibu menderita kesengsaraan karena anaknya dan seorang ayah karena anaknya, dan warispun berkewajiban demikian. Apabila keduanya ingin menyapih (sebelum dua tahun) dengan kerelaan keduanya dan permusyawaratan, maka tidak ada dosa atas keduanya. Dan jika kamu ingin anakmu disusukan oleh orang lain, maka tidak ada dosa bagimu apabila kamu memberikan pembayaran menurut yang patut. Bertakwalah kamu kepada Allah dan ketahuilah bahwa Allah Maha Melihat apa yang kamu kerjakan.


Apalagi hanya ketika bayi ini saja Anda bisa memeluknya dengan lama. Karena ketika dia sudah besar nanti dia bahkan tidak mau untuk Anda peluk. Jadi tetaplah semangat walaupun kelelahan melanda Anda.
Jika bayi sudah tidur, sebaiknya Anda ikut juga tidur, agar Anda kembali segar dan dapat memulai aktifitas yang lain. Selamat menimang bayi....

Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati