Bacaan Untuk Anak Shalih, Ya Allah Berkahilah Makanan dan Minuman Kami

        Beberapa waktu lalu saya mengikuti kuis yang diselenggarakan oleh teman saya sesama penulis. Kuis itu berhadiah buku yang baru saja terbit. Judulnya Ya Allah, Berkahilah Makanan dan Minuman Kami, Kisah-kisah Tentang Adab Makan dan Minum Dalam Islam. Buku ini diterbitkan DAR! MIZAN tahun 2013. Alhamdulillah, saya berhasil memenangkan hadiah buku tersebut.

     Ternyata Mbak Nana, yang menulis buku ini mengirim dua buah buku sebagai hadiahnya. Judul buku yang lain adalah Misteri Green House seri Kecil-Kecil Jadi Detektif. Insyaallah akan saya ulas juga di postingan lain ya. :)
     Begitu buku-buku tersebut sampai di rumah, saya langsung membacanya. Seperti judulnya, isinya bercerita mengenai tata cara makan dan minum sesuai dengan ajaran Rasulullah SAW. Hebatnya buku ini tidak monoton seperti buku nonfiksi pada umumnya.
     Mbak Ratna Puji Lestari, nama asli penulis buku ini berhail mengarahkan pembaca untuk melakukan tata cara makan dan minum ala RAsulullah SAW melalui cerita / dongeng yang seru. Anak-anak yang membaca buku ini saya rasa sangat menyukainya. Karena ada putri dan pangeran yang menjadi tokoh utama dalam buku ini. Yaitu Putri Vanila dan Pangeran Ravioli.
     Nama kerajaan tempat tinggal mereka juga unik, namanya Kerajaan Lezatto. Di kerajaan Lezatto terdapat desa yang bernama makanan kesukaan Rasulullah SAW. Antara lain Desa Daging, Desa Mentimun, Desa Labu, Desa Gandum, Desa Milky dll.
     Awalnya Putri Vanila dan Pangeran Ravioli sedang bermain ular tangga di perpustakaan istana. Nah ternyata ular tangga yang mereka mainkan ini adalah ular tangga ajaib. Mereka tiba-tiba berada dalam permainan ular tangga itu. Mereka harus melempar dadu untuk samapai di suatu desa. Mereka juga harus menyelesaikan tantangan di desa tersebut jika mereka ingin melanjutkan permainan.
     Mereka kadang bisa naik ke level selanjutnya, kadang juga bisa merosot ke level sebelumnya, seperti permainan ular tangga pada umumnya. Dalam perjalan mereka memasuki semua desa itulah mereka mendapatkan pelajaran berharga tentang adab makan yang dibiasakan oleh Rasulullah SAW. Dalam permainan itu juga mereka mengetahui makanan dan minuman yang sering dimakan dan diminum Rasulullah SAW.
      Saya pikir Mbak Nana terinspirasi dari film JUMANJI yang lumayan sering ditayangankan di TV swasta. Mbak Nana, berhasil membuat cerita menarik dari permainan ular tangga. Salut untuk ide kreatif Mbak Nana.
     Ohya, di setiap akhir cerita, Mbak Nana juga menyelipkan beberapa hadist tentang cerita yang dimaksud. Ada juga resep makanan dan minuman di setiap akhir cerita. Ditambah beberapa fakta unik yang berkenaan dengan makanan. Buku ini tidak begitu tebal (101 halaman). Dengan kertas yang berwarna dan ilustrasi yang indah di dalamnya, saya rasa anak-anak akan menyukai buku ini. Saya harap pembaca cilik bisa menerapkan kebiasaan dan adab makan dari Rasulullah SAW setelah membaca buku ini. Karena dengan membaca buku ini semua kebiasaan makan Rasulullah terlihat sangat mudah untuk diikuti.[NS]
 



    

Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati