Skip to main content

(Review Buku) Super Handbook for Super Teens


Ketika melihat buku ini di wall FB Mbak Fita, saya langsung tertarik dengan buku ini. Saya pikir buku ini pasti sangat keren. melihat kavernya yang berwarna pink dengan judul berwarna warni makin membuat saya tertarik untuk membaca buku ini.
     Apalagi sebagai seorang emak dari dua ABG cewek dan cowok, saya mewajibkan diri saya untuk membeli buku ini. Saya akan membelinya begitu saya berkunjung ke toko buku, demikian pikir saya waktu itu.

    Karena sangat ingin memiliki buku ini, namun saya belum sempat ke toko buku, akhirnya dengan malu-malu, saya bertanya pada mbak fita. Apakah mbak fita bersedia barter buku ini dengan buku saya? Demikian pertanyaan malu-maluin itu saya tulis di chat bbm. Saya akan mengirim 3 buku untuk mbak fita demi buku keren ini, rayu saya. (Gak nyangka, ternyata saya bisa merayu juga hehehe)
      Alhamdulillah, ternyata mbak fita setuju. Tak terbayangkan senangnya hati saya. Agar mbak fita tak berubah pikiran, saya buru-buru mengirim 3 buku saya untuk mbak fita.(bukan nyogok ya mbak fita)
     Beberapa hari kemudian, buku yang keren ini akhirnya sampai juga di tangan saya. Begitu tukang pos menyerahkan paket buku ini, Syifa, sulung saya langsung 'membajak' paket buku ini. Bukunya kakak pinjam dulu ya bu, begitu katanya. Oke deh, saya pun mengalah. Tujuan saya , memang buku ini untuk dia kok. Jadi emak gak apa-apalah mengalah.
     Malamnya, selesai shalat isya, saya baru bisa membaca buku ini. Itu juga karena Syifa sedang diajak main sama adiknya hauzan. Kesempatan ini buru-buru saya manfaatkan untuk membaca.
     Ternyata sesuai dengan kavernya yang ngepink , dan judul warna warni, isinya juga keren. Pembahasan mengenai dunia remaja dibahas dengan sangat asyik. Tanpa menggurui. Mbak fita mengajak  para remaja dengan mencontohkan beberapa kejadian. Mulai dari hubungan pertemanan, cara memilih teman yang baik, bagaimana memenilai teman yang buruk. Pergaulan yang baik, hingga tentang reproduksi, pubertas, hubungan dengan saudara dan hubungan dengan orangtua. Pokoknya buku ini sangat lengkap sebagai panduan bagi remaja mau pun dewasa.
     Yang pasti, bahasa yang digunakan mbak fita dalam buku ini, tentu saja bahasa remaja. Apalagi ada panduan dalam menata keuangan juga di buku ini. Di samping itu beberapa ilustrasi keren, membuat buku ini jadi tidak membosankan. Ohya, mbak fita juga mengutip beberapa pendapat remaja, orang tua, mahasiswa, pelajar dan ahli dalam buku ini. Jadi sebagai pembaca, kita tidak merasa sendirian. Karena banyak tambahan curahan hati dan pendapat ahli  juga di buku ini.
      Satu hal yang membuat saya agak terkecoh dengan buku ini. Awalnya saya berpikir buku ini ada dua judul. Satu untuk cewek dan satu untuk cowok.






      foto dari FB Mbak Fita

       Ternyata benar dua judul, tapi disatukan dalam satu buku. Untuk penjelasan secara keseluruhan tentang remaja dan semua aktivitasnya, bisa dibuka dari kaver depan atau kaver pink. Selanjutnya ada tips untuk remaja wanita atau cewek. Nah jika ingin langsung melihat tips pergaulan dan lainnya untuk remaja pria, atau cowok, coba intip kaver belakang Yang berwarna hitam. Jangan lupa dibalik dulu kavernya, agar tidak bingung membacanya ya. Salut dengan ide kreatif editor.
    Akan saya kutip beberapa quote dalam buku ini yang sangat menginspirasi saya ya. Ini salah satunya.
        "Teman yang baik, tidak hanya mengerti kita. Tapi juga berani mengatakan dan mengoreksi sikap kita yang salah"
                                              salah satu ilustrasi dalam buku. keren ya! :)

Ada juga beberapa pendapat tentang ayah dan ibu. Ini salah satu yangsaya suka pendapat tentang ayah.
        "Ayah adalah standar untuk mencari pendamping hidup, by Endah, mahasiswi"
     Dalam buku ini pastinya terdapat tips untuk menjaga diri dari tindak kekerasan. Misalnya tips menghindari pelecehan seksual di berbagai tempat. Entah di rumah, mau pun tempat umum. Buku ini juga membahas hal yang menyangkut dengan perubahan horman pada remaja wanita dan remaja pria disertai beberapa tips mengenai masa pubertas tersebut. Jadi benar-benar komplit. Informasi yang dibutuhkan remaja kita, semuanya ada dalam buku ini. Oke, selamat membaca dan mendapat manfaat dari buku ini ya.
                       salah satu isi buku ini, mengajarkan remaja untuk mengelola keuangan sejak dini

Comments

  1. Nice review. Makasih ya, mbak Nelfi. Moga bermanfaat :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih juga mbak fita. Bermanfaat sekali. :)

      Delete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kira-kira tiga bulan lalu, saya merasa ada yang aneh dengan penglihatan saya. Saya melihat benda seperti melihat dibalik fatamorgana atau melihat dibalik air. Seolah benda yang saya lihat itu tidak diam. Walau terasa tidak nyaman, saya berusaha melakukan semua kegiatan saya seperti biasanya. Saya mengantar Hauzan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah dan menulis.
       Hanya saja, semakin hari penglihatan saya makin terasa tidak nyaman. Tanpa sengaja suatu hari saya mengucek mata kiri sambil melihat ke dinding. Saat itu saya melihat dengn mata kanan saya. Ada sesuatu yang aneh ternyata pada mata kanan saya. Dinding rumah yang seharusnya berwarna krem, ternyata ada lingkaran berwarna coklat sebesar bola sepak dalam penglihatan mata kanan saya. Karena penasaran saya coba menutup mata kiri dan melihat dengan mata kanan saja. Saya masih melihat hal yang sama. Ada lingkaran penuh dengan warna coklat bening terlihat di dinding rumah.

Kejadian Aneh di Asrama

Masuk Asrama            Alhamdulillah bulan april 1993, aku diterima di sebuah Sekolah Perawat Kesehatan di kotaku. Peraturannya, setiap siswa Sekolah Perawat Kesehatan harus bermukim di asrama. Pada hari yang telah ditentukan akupun masuk asrama bersama temanku yang lain. Kamipun di tempatkan di kamar yang khusus untuk siswa tahun pertama.
            Sebelum masuk asrama, kami wajib membawa baju dan peralatan lainnya yang sudah ditentukan oleh sekolah. Seperti baju rumah 3 stel, baju tidur 3 stel, baju seragam 3stel dan seterusnya. Bagiku ini bukan masalah, karena aku memang hanya punya sedikit pakaian yang aku pakai silih berganti.
           Tidak demikian halnya dengan beberapa orang temanku. Ada yang mengeluh ketika guru asrama memeriksa barang bawaan kami. Ketika beliau menemukan kelebihan pakaian dari yangseharusnya, maka pakaian itu harus dibawa pulang kembali oleh orangtua atau wali murid yang mengantar kami saat itu.  
            Kehidupan asrama, mulai aku rasakan. Ada s…

Membuat Paspor Online yang Berakhir Offline

Ada pengalaman sedih saat saya mengurus Paspor beberapa hari lalu. Pasalnya saya sudah merasa persiapan saya sempurna. Saya sudah mendaftar dan mengisi beberapa data di formulir pembuatan Paspor online. Saya juga sudah mengirim scan surat-surat penting. Dan saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kedatangan pembuatan paspor dari imigrasi pada tanggal 30 April 2014. Yang meminta saya membawa berkas tersebut ke bank dan membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di berkas yang dikirimkan ke email saya.