Wednesday, July 9, 2014

(Review Buku) Super Handbook for Super Teens


Ketika melihat buku ini di wall FB Mbak Fita, saya langsung tertarik dengan buku ini. Saya pikir buku ini pasti sangat keren. melihat kavernya yang berwarna pink dengan judul berwarna warni makin membuat saya tertarik untuk membaca buku ini.
     Apalagi sebagai seorang emak dari dua ABG cewek dan cowok, saya mewajibkan diri saya untuk membeli buku ini. Saya akan membelinya begitu saya berkunjung ke toko buku, demikian pikir saya waktu itu.

    Karena sangat ingin memiliki buku ini, namun saya belum sempat ke toko buku, akhirnya dengan malu-malu, saya bertanya pada mbak fita. Apakah mbak fita bersedia barter buku ini dengan buku saya? Demikian pertanyaan malu-maluin itu saya tulis di chat bbm. Saya akan mengirim 3 buku untuk mbak fita demi buku keren ini, rayu saya. (Gak nyangka, ternyata saya bisa merayu juga hehehe)
      Alhamdulillah, ternyata mbak fita setuju. Tak terbayangkan senangnya hati saya. Agar mbak fita tak berubah pikiran, saya buru-buru mengirim 3 buku saya untuk mbak fita.(bukan nyogok ya mbak fita)
     Beberapa hari kemudian, buku yang keren ini akhirnya sampai juga di tangan saya. Begitu tukang pos menyerahkan paket buku ini, Syifa, sulung saya langsung 'membajak' paket buku ini. Bukunya kakak pinjam dulu ya bu, begitu katanya. Oke deh, saya pun mengalah. Tujuan saya , memang buku ini untuk dia kok. Jadi emak gak apa-apalah mengalah.
     Malamnya, selesai shalat isya, saya baru bisa membaca buku ini. Itu juga karena Syifa sedang diajak main sama adiknya hauzan. Kesempatan ini buru-buru saya manfaatkan untuk membaca.
     Ternyata sesuai dengan kavernya yang ngepink , dan judul warna warni, isinya juga keren. Pembahasan mengenai dunia remaja dibahas dengan sangat asyik. Tanpa menggurui. Mbak fita mengajak  para remaja dengan mencontohkan beberapa kejadian. Mulai dari hubungan pertemanan, cara memilih teman yang baik, bagaimana memenilai teman yang buruk. Pergaulan yang baik, hingga tentang reproduksi, pubertas, hubungan dengan saudara dan hubungan dengan orangtua. Pokoknya buku ini sangat lengkap sebagai panduan bagi remaja mau pun dewasa.
     Yang pasti, bahasa yang digunakan mbak fita dalam buku ini, tentu saja bahasa remaja. Apalagi ada panduan dalam menata keuangan juga di buku ini. Di samping itu beberapa ilustrasi keren, membuat buku ini jadi tidak membosankan. Ohya, mbak fita juga mengutip beberapa pendapat remaja, orang tua, mahasiswa, pelajar dan ahli dalam buku ini. Jadi sebagai pembaca, kita tidak merasa sendirian. Karena banyak tambahan curahan hati dan pendapat ahli  juga di buku ini.
      Satu hal yang membuat saya agak terkecoh dengan buku ini. Awalnya saya berpikir buku ini ada dua judul. Satu untuk cewek dan satu untuk cowok.






      foto dari FB Mbak Fita

       Ternyata benar dua judul, tapi disatukan dalam satu buku. Untuk penjelasan secara keseluruhan tentang remaja dan semua aktivitasnya, bisa dibuka dari kaver depan atau kaver pink. Selanjutnya ada tips untuk remaja wanita atau cewek. Nah jika ingin langsung melihat tips pergaulan dan lainnya untuk remaja pria, atau cowok, coba intip kaver belakang Yang berwarna hitam. Jangan lupa dibalik dulu kavernya, agar tidak bingung membacanya ya. Salut dengan ide kreatif editor.
    Akan saya kutip beberapa quote dalam buku ini yang sangat menginspirasi saya ya. Ini salah satunya.
        "Teman yang baik, tidak hanya mengerti kita. Tapi juga berani mengatakan dan mengoreksi sikap kita yang salah"
                                              salah satu ilustrasi dalam buku. keren ya! :)

Ada juga beberapa pendapat tentang ayah dan ibu. Ini salah satu yangsaya suka pendapat tentang ayah.
        "Ayah adalah standar untuk mencari pendamping hidup, by Endah, mahasiswi"
     Dalam buku ini pastinya terdapat tips untuk menjaga diri dari tindak kekerasan. Misalnya tips menghindari pelecehan seksual di berbagai tempat. Entah di rumah, mau pun tempat umum. Buku ini juga membahas hal yang menyangkut dengan perubahan horman pada remaja wanita dan remaja pria disertai beberapa tips mengenai masa pubertas tersebut. Jadi benar-benar komplit. Informasi yang dibutuhkan remaja kita, semuanya ada dalam buku ini. Oke, selamat membaca dan mendapat manfaat dari buku ini ya.
                       salah satu isi buku ini, mengajarkan remaja untuk mengelola keuangan sejak dini

4 comments:

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^