Wednesday, July 3, 2013

Review Buku 200 Fakta Luka Oleh Mas Mulyoto



Judul: 200 Fakta Luka, Mengenal Luka & Penanganannya
Penulis: Nelfi Syafrina dan Nagiga
Penerbit: PT Elex Media Komputindo, Jakarta
Cetakan: I, 2013
Tebal: 64 halaman
Hampir tidak bisa dielakkan, setiap anak pasti pernah mengalami kecelakaan yang berakibat pada timbulnya luka. Berbagai aktivitas yang mereka lakukan selalu beresiko pada terjadinya kecelakaan itu: belajar berjalan, belajar bersepeda, bermain kejar-kejaran, dan masih banyak lagi.
Biasanya, jika terjadi luka –kebanyakan di lutut- kita punya jurus ampuh: diberi obat merah. Lalu diserahkan pada proses alami menuju kesembuhan. Meski memakan waktu lama dan mengakibatkan rasa sakit.
Nah, buku ini hadir untuk memberikan pedoman tentang jenis-jenis luka, penyebabnya, gejalanya, berikut penanganannya. Bukan saja buat anak-anak, melainkan juga buat orang tuanya.
Luka memar, misalnya, yang sering terjadi karena terantuk kursi, meja dan terbentur dinding. Pada luka jenis ini, terjadi pendarahan di dalam kulit tanpa ada kerusakan pada kulit. Kulit akan terlihat biru. Cara menanganinya: luka dikompres dengan es selama 20 - 30 menit.
Kelebihan buku ini, disusun secara sistematis. Tiap luka disajikan tentang penyebabnya, gejalanya, dan cara menanganinya dengan kalimat-kalimat sederhana dan gampang dipahami, disertai ilustrasi.
Meski buku panduan, toh buku ini tidak kehilangan selera humornya. Pada luka jenis luka gigitan misalnya, dijelaskan bahwa luka ini bisa disebabkan oleh gigitan hewan piaraan seperti kucing dan anjing, bisa juga oleh gigitan manusia. Misalnya teman yang nakal.
Buku ini sangat layak kita sambut kehadirannya, sebagai panduan praktis untuk menangani luka. []
 
Reviewer by Mulyoto. M

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^