Thursday, July 11, 2013

Proses Keratif Buku DAI Anak Muslim Cerdas


       

Buku ini saya dan Mbak Sri widiyastuti buat sebagai tugas akhir pada workshop menulis online yang kami ikuti. Workshop itu diselenggarakan oleh Mas Benny Rhamdani melalui  Kelas Ajaibnya.
         Awalnya kelas ini merupakan kelas  menulis Pictorial Book, kami diajarkan menulis picbook dengan terlebih dahulu memulainya dari cerpen. Lalu membuat cerpen itu menjadi lebih sederhana hingga berupa picbook.Setelah menyelesaikan beberapa tugas, kami dianggap mampu membuat sebuah picbook. Sebagai tugas akhirnya Mas Benny sebagai mentor menantang saya dan Mbak Sri untuk membuat cerpen dengan tema detektif, tapi bernuansa AlQuran.

         Awalnya saya dan Mbak Sri sempat bingung, kenapa kami dijadikan pasangan duet pada tugas ini?  Apalagi temanya menurut saya lumayan berat. Cerpen detektif dengan AlQuran sebagai cluenya. Kami cukup bingung sekaligus tertantang. Bingung  mencari ide dengan clue AlQuran, tertantang, karena belum tentu semua penulis bisa menulis tema seperti ini.  
        Apalagi teman-teman sekelas lainnya mendapatkan tantangan yang berbeda. Tapi tetap membuat cerpen duet. Nantinya satu buku akan diisi sebanyak 30 cerpen. Jadi setiap penulis harus menulis 15 cerpen.
      Waktu pun dimulai. Mas Benny menetapkan batas waktu mengerjakan tugas (Saya lupa tanggal persisnya) Alhamdulillah saya dan Mbak Sri berhasil mengerjakan tugas itu hingga batas waktu yang ditentukan.
      Selama mengerjakan tugas, kami selau berkomunikasi dan berbagi pengalaman lewat FB. Jujur, saya belum pernah bertemu Mbak Sri. Kami hanya kenal di FB. Namun tugas ini sudah membuat kami layaknya bagai saudara kandung. Karena ini kami sering curhat tentang banyak hal tentunya seputar dunia menulis.
     Saya sangat berterima kasih karena Pak Kepsek sudah memilih saya berduet dengan Mbak Sri. Makasih juga untuk semua masukannya ya Mbak Sri. Semoga kita bisa kembali berduet di tulisan lain.  *aamiin* ^_^
      Alhamdulillah beberapa minggu setelah pengumpulan tugas, kami pun di inbox Kang Dadan Ramadhan (editor buku ini) via FB. Beliau mengatakan bahwa naskah yang kami tulis akan diterbitkan.
       Subhanallah... walhamdulillah... takterkira senangnya hati kami mendengarnya (eh membaca inboxnya) Setelah menunggu beberapa bulan, akhirnya buku dengan ilustrasi kaver dan isi yang keren ini lahir juga.
     Saya sampai specless saat melihat buku ini di tangan saya. Ilustrasi per cerpen subhanallah... unyu bangeeet. Berapa cerpen saya dimuat di Bobo atau Kompas Anak *lebay* Secara kayaknya hampir seratus cerpen deh yang saya kirim ke dua media itu, blom ada yang nyangkut. *curcol* Jadinya seneng bangeeet waktu  lihat cerpen-cerpen saya diilustrasikan sedemikian rupa. *halah*
       Makasih banyak ya Dar!Mizan, khususnya pada Mas Benny, Kang Rama dan Kak Beby yang juga editor beberapa buku saya. Ohya tak lupa makasih untuk ilustrator yang belum saya kenal. Tor Studia sebagai pembuat ilustrasi sampul dan Karisma Mulyawati sebagai ilustrasi isi. Keren dan top markotop deh ilustrasinya. Tak puas mata memandang. :* 





  
 


4 comments:

  1. Dududu ... jadi inget masa-masa berjibaku menyelesaikan naskah ini. Enggak nyangka bisa selesai tepat waktunya ya mbak. Apalgi mbak Nelfi cepet banget selesainya, sementara saya, si siput yang lelet banget. Beruntung banget mendapatkan pasangan yang jago nulis, mau mendengar kelah keluhku hehe dan sabar menunggu naskah saya siap semuanya. Terima kasih my soulmate cantik dan baik hati. Berpelukan yukkk <3

    ReplyDelete
    Replies
    1. berpelukaaan... lega rasanya sudah berhasil melewati tantangan ya Mbak Sri. ^_^

      Delete
  2. Selamat ya, buat duo Mbak Nelfi dan Mbak Tuti ^_^
    Oo.. jadi awalnya ikutan kelas ajaib dulu ya mbak..? Apakah semua peserta kelas akhirnya nerbitin buku juga..?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih doanya Mbak Ofi. Semua peserta memang dikasih tugas akhir. Tapi tidak semuanya yang mengumpulkan tugas tepat waktu. Jadi setahu saya yang mengumpulkan tugas tepat waktu bukunya sudah terbit. Yang blom ngumpulin, saya kurang tahu. ^_^

      Delete

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^