Saturday, May 13, 2023

Syair Bahasa Arab



قالَ الطَّبيبُ وقال اللهُ أُدْعُوْانِي


Dokter berkata,” dan Allah berfirman,” memohonlah padaku!””


ماقالهُ الله يَكْفِينِي و يُرْضِينِي


Apa yang difirmankan Allah itu cukup bagiku dan membuatku ridha.



أَقُولُ ما قالَ إَبْرَاهِيمُ سَيِّدُنَا


Aku berkata sebagaimana Nabi kita Ibrahim mengatakan:


إذا مَرِضْتُ فَإنَّ الله يَشْفِينِي


Jika aku sakit, maka Allah yang akan menyembuhkanku.


ما كنت أَقْنَطُ مِنْ رَبِّي وَ رَحْمَتِهِ


Aku tidak berputus asa dari Rabb-ku dan Rahmat-Nya.


اليَأْسُ كُفْرٌ وَ حُسْنُ الفَألِ  مِنْ دِينِي



Keputus-asaan adalah ketidak-percayaan. Dan nasib baik adalah bagian dari agamaku.



بِالرُّوحِ وَالْعَزْمِ وَالِإيمَانِ كُنْتُ أَنَا


Aku akan menjadi orang yang penuh tekad dan keyakinan dengan ruh-ku.



وَلَيْسَ بِالْجِسْمِ إنَّ الْجِسْمَ مِنْ طِينِ


Bukan dengan jasad, karena jasad terbuat dari tanah.



آمَنْتُ باللهِ سَوَّى الجِسْمَ مِنْ عَدَمٍ


Aku percaya Allah menciptakan jasad dari ketiadaan.



وَ إِنَّهُ بَعْدَ مَوْتِي سَوْفَ يُحْيِيْنِي


Dan bahwa setelah kematianku, Dia akan menghidupkanku kembali.



وَلَسْتُ بِالعَيْشِ مَشْغُوفاً وَلاَدَنِفاً

Aku tidak hidup dengan gairah dan tidak pula dengan kesakitan.


مَا عِشْتُهُ فَوْقَ الأَرْضِ يَكْفِينِي

Apa yang ku-jalani di dunia sudah cukup bagiku.


عَبَرْتُها زَائرًا حِيناً عَلى قَدَرٍ

Aku melewati (dunia) sebagai peziarah dalam satu waktu.



تَرُوحُ تُضْحِكُنى آناَ وتُبّكِينِي


(Kehidupan itu) kadang membuatku tertawa dan kadang membuatku menangis.


وَالْكَوْنُ تَمْتَدُّ حَوْلي لا نِهَايَتُهُ


Dan alam semesta membentang di sekitarku tanpa akhir.


وَالدَّهْر ُيَمْتَدُّ عُمْرًا بِاْلمَلايينِ

Dan keabadian memperpanjang umur menjadi jutaan.



وَقَدْ شَهِدْتُ بِهَا إِبْدَاعَ بَارِئِهَا

Sungguh aku menyaksikan kehebatan penciptaannya.


حَتَّى تَمَشَّى يَقِيِنِي فِي شَرَايِينِي 

Aku menjalani  keimananku hingga ke pembuluh darahku.



وَقَدْ رَأَيتُ مِنَ الأَسْرَارِ أَرْوَعَهَا


Aku telah melihat misteri yang paling indah.


و إنَّ أَرْوَعَهَا أَسْرَارُ تَكْوِيْنِي


Dan yang paling indah itu adalah rahasia penciptaanku.



Sumber : Arab Podcast dengan sedikit editing di terjemahan.


0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^