Wednesday, May 24, 2023

Memperpanjang Paspor di Kantor Imigrasi Bekasi

 Bismillahirrahmanirrahim.

Tanggal 23 kemarin saya memperpanjang paspor di Kantor Imigrasi Bekasi. Sebelumnya saya mencari tahu dulu tentang cara memperpanjang paspor saat ini. Karena beberapa kali ada teman yang mengatakan bahwa untuk memperpanjang paspor atau membuat paspor baru, harus mendaftar secara online dulu, prosesnya ribet! 

Setahu saya, dari 5 tahun lalu memang harus mengambil antrian secara online juga. Kenapa teman-teman saya berpikir ini ribet? Makanya saya cari caranya melalui internet, khususnya web Kantor Imigrasi Bekasi. 

Ternyata saya menemukan perbedaannya. Untuk sekarang ini kita harus mengambil nomor antrian melalui aplikasi khusus Kantor Imigrasi Bekasi. Jadi kita diminta untuk mengunduh aplikasi itu terlebih dahulu.


 Kemudian mendaftar. Selanjutnya baru bisa mengisi data untuk mendapatkan nomor antrian.

Saya pun mencari aplikasi yang dimaksud di google playstore. Awalnya saya bingung, karena takut salah unduh. Saya cari nama aplikasi yang asli di twitter Imigrasi Bekasi. Setelah itu baru saya unduh aplikasi yang sama dengan yang diposting di twitter.


Selanjutnya saya mendaftar atau membuat akun. Saya baru bisa mengisi data setelah punya akun di aplikasi tersebut. Selanjutnya isi data dan foto dokumen yang diminta. Setelah itu kita bisa menentukan hari dan jam berapa kita akan datang ke kantor imigrasi. Saya pilih hari Selasa, karena hari ini yang sedikit lowong di kegiatan harian saya.

Nah, selanjutnya saya mendapatkan kode billing untuk saya bayarkan biaya paspor secara online. Setelah membayar biaya perpanjangan paspor biasa Rp350.000,- , nanti form pendaftaran kita akan berubah menjadi sudah dibayar. Nah sampai di sini selesai proses mendapatkan nomor antrian. Kita print form pendaftaran tadi untuk dibawa pada saat membuat paspor.

*


Hari selasa, saya berangkat ke kantor Imigrasi Bekasi yang ternyata tak begitu jauh dari rumah saya. Karena di nomor antrian saya kebagian jam 13.01-14.00, jadi saya berangkat dari rumah sekitar jam 12.30. Sampai di sana, satpam menanyakan jam kehadiran saya. Saya memperlihatkan print dari formulir pendaftaran yang sudah dibayar sebelumnya. Karena jam kedatangan tertera di sana. 

Lalu saya diarahkan untuk mengambil nomor antrian lagi. Kali ini nomor antrian untuk memeriksa berkas yang saya bawa. Berkas yang diperlukan untuk memperpanjang paspor biasa adalah: 

- KTP asli dan fotokopi ukuran A4

- Paspor asli dan fotokopi ukuran A4

- Materai 10.000 sebanyak 1 lembar

Petugas pemeriksaan berkas akan menyatukan semua berkas fotokopi yang saya bawa tadi. Petugas itu kemudian memberikan nomor antrian baru untuk wawancara, foto dan biometrik.


 Selanjutnya saya diminta mengisi formulir permintaan perpanjangan paspor. Nah materai tadi dibutuhkan saat penandatanganan formulir itu. Setelah mengisi dan menandatangani formulirnya, saya hanya tinggal menunggu nomor antrian saya dipanggil. 


Lebih kurang satu jam saya menunggu untuk wawancara ini disebabkan banyaknya pengunjung di kantor Imigrasi Bekasi.

Alhamdulillah, semua petugasnya friendly. Tempatnya juga nyaman. Walau ada beberapa pengunjung yang berbicara dengan suara keras saat menunggu, alhamdulillah pengunjung lain dan saya bisa sabar mendengarnya.  Karena kita memang harus sabar kan? Setiap orang yang datang ke sini, pasti punya sifat yang berbeda. Salah satunya yang suka menggoyangkan kakinya saat duduk, sehingga kursi panjang yang kita duduki jadi ikut bergoyang. ^_^


Tapi semua itu sebaiknya kita maklumi saja. Jika merasa terganggu, lebih baik pindah ke tempat lain. 

Selanjutnya saya diwawancara, biometrik dan difoto. Alhamdulillah selesai proses perpanjangan paspor. Kerennya lagi paspor yang diperpanjang tahun ini dan tahun lalu, bisa berlaku selama 10 tahun. Alhamdulillah... Tapi untuk anak di bawah 17 tahun tetap berlaku selama 5 tahun ya. Karena mereka kan belum punya KTP. Mereka masih 'numpang' sama KTP ibu, ayah atau walinya kan?

Petugas pewawancara mengatakan bahwa paspor saya bisa diambil dalam 4 hari kerja. Jadi insyaallah saya datang ke kantor Imigrasi lagi hari Senin depan. 


Ohya yang bikin paspor tentunya bukannya orang dewasa saja kan? Nah Alhamdulillah di sini disediakan Playground untuk anak-anak. Jadi insyaallah anak-anak yang sedang menunggu antrian biometrik dan wawancara tidak akan bosan selama di sini. 


sebenarnya ada beberapa buku juga di ruang tunggunya. Tapi saya lupa memotret rak bukunya. Insyaallah nanti ketika saya mengambil paspor yang sudah selesai, akan saya foto ya... 

Nah sahabat bagaimana pengalaman kalian memperpanjang paspor? Share di komen yuk!

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^