Friday, November 18, 2022

Selalu Ambil Hikmah Dari Semua Kejadian

 Bismillahirrahmanirrahim.

Kita tak pernah tahu alasan Allah memberikan atau menolak sesuatu untuk kita. Misalnya ketika kita memilih pasangan. Suatu hari kita jatuh cinta dan sangat suka pada seseorang. Rasanya orang itu adalah orang yang cocok untuk kita dan masa depan kita kelak. Tapi qadarullah Allah tidak mengizinkan kita untuk menjadi pasangan orang tersebut. Allah menjadikan orang tersebut menikah dengan orang lain.

Saat hal itu terjadi apa yang kita lakukan? Sebagian dari kita mungkin marah, sedih, menangis dan bahkan bisa saja mengatakan hal yang tidak sepantasnya seorang hamba katakan terhadap Rabb-nya. Kenapa Allah tidak menikahkanku dengannya? Apa Allah tidak sayang padaku? Apa dosaku? Apa salahku? Kepana orang yang kupilih, yang shalih/shalihah, sudah sesuai dengan kriteria yang diajarkan Rasulullah, malah tidak Allah izinkan aku menikah dengannya? Dan mungkin banyak sekali kalimat yang tak pantas kita sematkan pada Allah.

Hanya sedikit yang bisa meneria ketentuan Allah itu. Hanya beberapa yang memahami firman Allah yang mengatakan, bahwa bisa saja kau menyukai sesuatu namun sesuatu itu buruk di mata Allah. Bisa saja kau membenci sesuatu, tapi sesuatu itu baik di mata Allah. 

Jika kita mengalami hal ini, segeralah istighfar. Cari hikmahnya. Jika belum ketemu hikmahnya saat ini, insyaallah akan ketemu hikmahnya kelak di kemudian hari.

Bisa saja ternyata orang yang kau pikir shalih/shalihah itu ternyata mempunyai sifat yang tidak pernah puas dengan pasangannya. Beberapa kali bercerai dan menikah lagi. Atau mungkin saja dia bertempramen kasar, yang tidak terlihat saat kau baru mengenalnya. Kau baru menyadarinya setelah beberapa tahun kemudian dari omongan istrinya atau dari omongan orang lain yang sampai ke telingamu. 

Alhamdulillah... Allah menyelamatkanmu dari keburukan sifat calon pasangan yang kau anggap baik itu. Jadi sekali lagi, janganlah berprasangka buruk pada ketentuan Allah. Allah akan memberikan yang terbaik untukmu. Semua kebaikan akan Allah curahkan padamu. Allah tak akan pernah membuatmu menderita. Karena semua yang Allah tentukan itu adalah takdir terbaik untukmu. 

Segera cari hikmah dibalik semua takdir Allah padamu. Bersabar, tawakal dan ikhlas adalah kunci kebahagiaanmu di dunia dan di akhirat kelak. 

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^