Kuda Laut yang Unik


  “Itu lihat ada kuda laut!”seru Ana sambil menunjuk kuda laut yang sedang berenang didalam aquarium besar. Hari Minggu ini Ana dan seluruh anak panti asuhan Darul Qalam sedang menikmati liburan di Sea Word.
     Dengan antusias teman-teman Ana melihat kearah yang ditunjuk Ana. Benar, mereka melihat sekumpulan kuda laut yang asyik berenang. Tapi… lucu ya, kuda laut berenang dengan tubuh tegak. Subhanallah ! tahukah kalian beberapa keunikan yang diberikan Allah untuk kuda laut.
     Kuda laut  yang bernama  latin  Hippocampus kelloggi jordanet snider ini, berwarna kuning dan putih.
     Bentuk dan susunan tubuh kuda laut memiliki rancangan yang sangat khusus. Tubuh kuda laut ditutupi baju zirah ( baju perang ) yang terbuat dari tulang, berguna untuk melindungi tubuh mereka dari bahaya. Baju zirah ini sangat kuat, sehingga jika kuda laut sudah mati dan mengering, kita tidak akan bisa menghancurkan tubuhnya hanya dengan menggunakan tangan saja. Tapi ingat, meskipun sejenis ikan, kuda laut tidak mempunyai sisik seperti ikan lain loh.
      Kuda laut dapat menyamar atau berkamuflase dengan cara menyerupai bentuk dan warna kulit lingkungan sekitarnya.Ukuran mereka sekitar 4 sampai 30 cm, kepala kuda laut terletak membentuk sudut siku-siku. Keistimewaan ini tidak dimiliki oleh ikan lain.
      Mereka berjalan dengan tubuh tegak. Kuda laut juga bisa loh, mengangguk-anggukkan kepalanya keatas dan kebawah  seperti kalian, tapi dia tidak bisa menggelengkan kepala atau menoleh ke kiri dan ke kanan.
     Kuda laut tidak pernah berenang jauh-jauh dari karang, untuk menghindarikan diri dari bahaya. Dia sering berdiam diri dan menambatkan ekornya pada karang-karang atau celah bebatuan.  Kuda laut berenang hanya perlahan-lahan dalam posisi berdiri. Makanan kesukaan kuda laut adalah udang-udang kecil. Makanya kuda laut biasanya tinggal disepanjang paantai diantara ganggang laut dan tumbuhan lain.
     Mata kuda laut juga unik loh, masing-masing mata mereka bisa melihat dua benda yang berbeda pada waktu yang sama!. Wow hebat ya !
     Di dunia satu-satunya hewan jantan yang bisa hamil adalah kuda laut. Telur yang sudah dihasilkan oleh betina, dibuahi, dijaga, dan di simpan didalam perut kuda laut jantan selama 10 hari hingga 6 Minggu sampai menetas.
     Telur yang siap menetas akan dilahirkan dalam waktu 30 menit. Jumlahnya antara 15 hingga 1000 ekor. Setelah melahirkan anak-anaknya, kuda laut jantan pun siap untuk menyimpan telur kembali.
     Bayi-bayi kuda laut mirip sekali dengan induknya, tapi dengan ukuran yang lebih kecil tentunya,mereka mampu mencari makan sendiri setelah dilahirkan.
       Kebanyakan spesies yang dikenal, Ibu dan Bapak kuda laut adalah pasangan yang  setia, mereka tidak pernah berganti pasangan seumur hidup mereka. Pokoknya sehidup semati deh. Maha suci Allah yang sudah menciptakan makhluknya dengan beraneka ragam 
 

Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati