Liputan Launching Buku #HIJAB1ST



MC Wylvera Windayana Beraksi
           
            Minggu 21 April 2013 bertepatan dengan hari Kartini, para penulis buku #HIJAB1ST berkumpul di aula ruang serbaguna Gramedia Matraman Jakarta. Hari itu mereka akan melaksanakan launching buku #HIJAB1ST. Buku yang berisi tentang kisah nyata para penulisnya ketika pertama kali mengenakan hijab.
            Pukul 9. 00 para undangan sudah mulai berdatangan. Mereka ini umumnya para siswi SMP dan SMA Jakarta dan sekitarnya dan anggota Page FB #HIJAB1ST. Dalam undangan disebutkan acara dimulai pukul 10.30. Tapi mungkin karena tema yang diusung buku tersebut cukup menarik, sehingga membuat para undangan ingin buru-buru datang menyaksikan acara itu.
            Ketika undangan datang, mereka terlebih dahulu diminta mengisi daftar hadir. Beberapa hari sebelumnya Page FB #HIJAB1ST sudah menyatakan bahwa 50 pendaftar pertama akan memperoleh goodibag berisi aneka macam hadiah menarik. Selanjutnya setelah mengisi daftar hadir, mereka diberi snack berupa roti dan nomer kehadiran yang berguna untuk pengundian doorprize pada saat acara berlangsung.
            Setelah itu mereka bisa berfoto di banner #HIJAB1ST, karena setelah acara selesai, akan ada lomba twitpic bagi para peserta acara launching di Twitter. Selanjutnya mereka diminta untuk membubuhkan tandatangan pada kertas karton selebar setengah meter dan panjang 4 meter dalam rangka kampanye putih untuk berhijab bagi semua muslimah.
DTS Voices Beraksi
 
            Tepat pukul 10.30 acara pun dimulai. MC cantik yang juga seorang penulis, Wylvera Widayana segera membuat suasana menjadi meriah dengan menghadirkan grup musik akustik DTS Voices. Suara dan musik merdu dari personel DTS Voices pun  melantunkan di ruangan yang dipadati pengunjung wanita ini. Empat lagu mereka bawakan dengan sangat memukau. Dalam lantunan merdu suara sang vokalis ada sebuah jingle yang khusus diciptakan untuk buku #HIJAB1ST.
            Setelah performa DTS Voices, acara dilanjutkan dengan pembacaan puisi oleh salah satu penulis #HIJAB1ST yang berasal dari Aceh. Novianti, begitu nama wanita Aceh ini melantunkan puisi karyanya. Selanjutnya Wylvera sang pemandu acara membagikan 2 buah doorprize bagi para pengunjung.
            Selesai bagi-bagi hadiah, Wylvera yang biasa dipanggil Wiwik langsung masuk ke acara inti launching buku #HIJAB1ST. Dia memanggil semua penulis buku ini satu persatu. Total 15 penulis dalam buku ini. Ada Achi TM sebagai pemilik ide, Nelfi Syafrina, Nadrah Chino, Hikarima Nisa, Dewi Hastarini, Nela Fayza, Novianti MR, Puan Harahap, Fay Shalamar, Rina Kwartiana, Widuri Al-Fath, Aliudin dan Elita Duatnofa. 
Para Penulis #HIJAB1ST

Ternyata tidak semua penulis buku antologi kisah inspiratif ini bisa hadir. Mereka yang tidak hadir itu lebih disebabkan karena tempat tinggal mereka yang cukup jauh. Ada yang berdomisili di Korea ( Deasy Rosalina), Kalimantan ( Ayu Rahmah Hidayah) dan Purwodadi (Nurwening Indah Wulan Utami).  
            Selanjutnya acara tanya jawab seputar buku ini pun berjalan dengan sangat hangat dan seru. Achi TM sang pemilik gagasan yang juga merupakan owner dari Rumah Pena tempat semua penulis buku ini bernaung menjelaskan alasannya memilih tema kisah nyata tersebut. Lalu Tree sang editor juga menjelaskan alasan penerbit Qultum Media menerima dan menerbitkan buku ini.
“Sangat susah membuat tulisan untuk remaja, kami memilih kisah nyata dan inspiratif ini agar kami bisa masuk ke para remaja. Karena sering kita lihat bahwa biasanya remaja kita lebih menyukai novel berupa teenlit, chiklit dan lain-lain yang berbau kisah dan drama. Semoga dengan penuturan ala cerpen dalam buku ini, para remaja bisa menerimanya dan pesan dari buku ini tersampaikan.”
            Acara pun dilanjutkan dengan beberapa pertanyaan dari MC kepada para penulis. Setelah itu pengunjung juga dipersilakan bertanya seputar buku #HIJAB1ST1. Tiga pertanyaan terbaik pilihan penulis, mendapat hadiah.
            Keseruan belum berakhir. Setelah sesi pertanyaan dari pengunjung, dilanjutkan sesi games mengenakan hijab. Games ini diikuti 5 pengunjung. Mereka diminta mengenakan hijab dengan mata terpejam tanpa menggunakan peniti atau jarum pentul. Tiga orang yang mengenakan hijab dengan benar, diberikan hadiah.
            Pada puncak acara, ada serah terima launching buku #HIJAB1ST1 dari Qultum Media sebagai penerbit kepada Rumah Pena sebagai penulis. Serah terima ini diwakili oleh pembina Rumah Pena, Ibu Sri Mawarti dan Tree Prihantini yang juga editor buku #HIJAB1ST dari Qultum Media. Menurut Ibu Sri Mawarti buku #HIJAB1ST ini adalah kado terindah di ulang tahun ke 4 Rumah Pena yang jatuh pada tangal 16 April lalu. Seolah tak mau ketinggalan, Novianti yang sengaja datang dari Aceh khusus untuk acara ini memberikan kenang-kenangan juga untuk Qultum Media berupa hiasan dinding yang bergambar Rencong Aceh
Serius Mengikuti Acara Launching
 
            Sesi games berakhir dianjutkan dengan sesi tutorial hijab yang diberikan oleh salah satu penulis buku #HIJAB1ST Eilta Duatnofa. Salah satu pengunjung diminta menjadi model. Elita menjelaskan beberapa trik menggunakan hijab dengan mudah.
            Sesi terakhir sebelum acara ditutup, door prize kembali digelar. Setelah itu pengumuman pemenang lomba menulis pengalaman pertama berhijab, status FB terbaik tentang hijab dan kicauan terbaik tentang hijab yang diadakan Page #HIJAB1ST sebulan sebelum launching digelar. Semua pemenang itu diminta membacakan tulisan dan status serta kicauan mereka sebelum mereka menerima hadiah.
 Acara ditutup dengan foto bersama. Semua penulis dan pengunjung berkumpul dan mengabadikan foto bersama. Ada sekitar 100 an pengunjung yang hadir saat itu. Rumah Pena dan Qultum Media mengucapkan terima kasih atas kehadiran semua pengunjung. [NS]



                                                            Sesi Foto Bersama



Comments

  1. Wuaaahhhh Saya baru lihat blog ini.. So Sweet... terimakasih liputannya ^^ -Fay Shalamar-

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati