Skip to main content

Gulai Jantung Pisang Cocok Untuk Diet

           Jantung pisang sepertinya tidak bermanfaat. Bahkan sering dibuang. Namun di kampung kelahiran saya, jantung pisang diolah menjadi sayur untuk disantap bersama nasi dan lauk. Waktu saya kecil, nenek sering memasak gulai jantung pisang untuk kami sekeluarga. Bahkan Gulai Jantung Pisang menjadi makanan khas di kampung saya.

         Menurut saya rasanya tawar. Jika kita bisa mengolahnya dengan baik dan benar, maka gulai jantung pisang ini akan sangat nikmat bila disantap bersama nasi hangat.

         Di berbagai daerah di Indonesia ini, mungkin jantung pisang diolah dalam berbagai bentuk olahan masakan. Saya tertarik membuat tulisan tentang Gulai Jantung Pisang ini karena ini bisa menjadi alternatif murah untuk Anda khususnya wanita yang ingin menurunkan berat badannya. Karena kandungan gizi jantung pisang ini cukup tinggi.

        Jantung pisang mengandung karbohidrat, protein, lemak, mineral terutama fosfor, kalsium dan zat besi maupun vitamin seperti beta karotin (pro vitamin A), Vitamin B1 dan C dan juga mengandung serat yang cukup tinggi. Karena mengandung serat yang cukup tinggi ini, maka setelah mengkonsumsi makanan ini, Anda akan merasa cepat kenyang. Dengan demikian porsi makan Anda bisa dikurangi. Apalagi kandungan vitamin C ini juga membuat daya tahan tubuh kita bertambah. Sehingga Anda jarang sakit jika rutin mengkonsumsi makanan ini.

         Jantung pisang sangat baik juga dikonsumsi oleh orang yang sedang diet lemak.  Karena jantung pisang adalah sayuran rendah lemak. Penderita diabetes juga bisa memakan jantung pisang karena indeks glikemik (GI) nya rendah. Kandungan serat dalam jantung pisang dapat memperlancar pencernaan serta mengikat lemak dan kolesterol untuk dibuang bersama kotoran.

         Jantung pisang juga dapat menghindarkan kita dari penyakit jantung dan stroke karena dapat memperlancar sirkulasi darah dan bersifat antikoagulan (mencegah penggumpalan darah). Sangat baik juga dikonsumsi oleh penderita sembelit dan ambeian.

        Lalu bagaimana cara mengolah Jantung Pisang agar enak di lidah? Pertama buang kulit luar jantung pisang. Sisakan bagian tengah yang berwarna lebih muda. Lalu potong memanjang jadi 2 bagian. Setelah itu iris tipis-tipis dan cuci hingga bersih. Karena jantung pisang ini mempunyai banyak getah, sebaiknya gunakan pisau yang sudah diolesi minyak goreng, agar lebih mudah memotongnya.

        Selanjutnya jantung pisang direbus hingga layu. Setelah itu jantung pisang bisa kita olah sesuai selera. Jika Anda ingin membuat gulai Jantung Pisang, berikut saya lampirkan resepnya.

- 500 ml santan.

- 2 lembar daun salam

- 3 lembar daun jeruk

- 1 jantung pisang yang sudah direbus dan ditiriskan.

- 1 batang daun sereh

haluskan bumbu berikut ini : cabai merah sesuai selera, kalau tidak suka pedas cukup satu atau dua buah saja..  lima siung bawang merah. tiga siung bawang putih. jahe satu ruas jari, kunyit satu ruas jari. lengkuas satu ruas jari dan garam.

cara memasaknya : tumis bumbu halus hingga harum. masukkan daun salam, daun jeruk dan sereh. masukkan santan dan aduk hingga bumbu tercampur. masak hingga kuah sedikti menyusut. selanjutnya masukkan jantung pisang. tunggu hingga mendidih sambil terus diaduk, lalu angkat dan hidangkan bersama nasi dan lauk.

Anda juga bisa mengolah jantung pisang yang sudah direbus untuk dijadikan pecel. tambahkan sayuran lainnya lalu sirami dengan saus pecel. di kampung saya hal ini juga sering kami lakukan. selamat menikmati hidangan dari jantung pisang. semoga Anda suka dan tetap sehat. ayo makan makanan khas negeri kita karena banyak manfaat yang kita dapat dari makanan negeri kita ini.^_^


tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Jelajah Gizi Untuk Bangsa.

    Comments

    1. mama sy suka bikin gulai jantung pisang, tp sy blm pernah mau coba sih :D

      ReplyDelete

    Post a Comment

    Terima kasih sudah berkunjung. ^_^

    Popular posts from this blog

    Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

    Kira-kira tiga bulan lalu, saya merasa ada yang aneh dengan penglihatan saya. Saya melihat benda seperti melihat dibalik fatamorgana atau melihat dibalik air. Seolah benda yang saya lihat itu tidak diam. Walau terasa tidak nyaman, saya berusaha melakukan semua kegiatan saya seperti biasanya. Saya mengantar Hauzan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah dan menulis.
           Hanya saja, semakin hari penglihatan saya makin terasa tidak nyaman. Tanpa sengaja suatu hari saya mengucek mata kiri sambil melihat ke dinding. Saat itu saya melihat dengn mata kanan saya. Ada sesuatu yang aneh ternyata pada mata kanan saya. Dinding rumah yang seharusnya berwarna krem, ternyata ada lingkaran berwarna coklat sebesar bola sepak dalam penglihatan mata kanan saya. Karena penasaran saya coba menutup mata kiri dan melihat dengan mata kanan saja. Saya masih melihat hal yang sama. Ada lingkaran penuh dengan warna coklat bening terlihat di dinding rumah.

    Kejadian Aneh di Asrama

    Masuk Asrama            Alhamdulillah bulan april 1993, aku diterima di sebuah Sekolah Perawat Kesehatan di kotaku. Peraturannya, setiap siswa Sekolah Perawat Kesehatan harus bermukim di asrama. Pada hari yang telah ditentukan akupun masuk asrama bersama temanku yang lain. Kamipun di tempatkan di kamar yang khusus untuk siswa tahun pertama.
                Sebelum masuk asrama, kami wajib membawa baju dan peralatan lainnya yang sudah ditentukan oleh sekolah. Seperti baju rumah 3 stel, baju tidur 3 stel, baju seragam 3stel dan seterusnya. Bagiku ini bukan masalah, karena aku memang hanya punya sedikit pakaian yang aku pakai silih berganti.
               Tidak demikian halnya dengan beberapa orang temanku. Ada yang mengeluh ketika guru asrama memeriksa barang bawaan kami. Ketika beliau menemukan kelebihan pakaian dari yangseharusnya, maka pakaian itu harus dibawa pulang kembali oleh orangtua atau wali murid yang mengantar kami saat itu.  
                Kehidupan asrama, mulai aku rasakan. Ada s…

    Membuat Paspor Online yang Berakhir Offline

    Ada pengalaman sedih saat saya mengurus Paspor beberapa hari lalu. Pasalnya saya sudah merasa persiapan saya sempurna. Saya sudah mendaftar dan mengisi beberapa data di formulir pembuatan Paspor online. Saya juga sudah mengirim scan surat-surat penting. Dan saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kedatangan pembuatan paspor dari imigrasi pada tanggal 30 April 2014. Yang meminta saya membawa berkas tersebut ke bank dan membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di berkas yang dikirimkan ke email saya.