Tips Beradaptasi dengan Lingkungan Bagi Muslimah Ketika Memutuskan Mengenakan Jilbab



Tips berikut ini saya tulis untuk sebuah antologi #Hijab Firts. Semoga bermanfaat bagi Anda yang baru memutuskan untuk mengenakan hijab saat ini. ^_^

        Ketika memutuskan untuk megenakan pakaian syar’i ini pasti kita mengalami berbagai dilema. Mulai dari takut tidak terlihat cantik, takut tidak dapat pekerjaan, takut dijauhi teman dan lain sebagainya. Berikut tipsnya agar Anda tetap istiqamah dan mantap menjalankan kewajiban menutup aurat ini.


1. Ingatlah bahwa mengenakan pakaian syar’i ini adalah salah satu kewajiban kita terhadap perintah Allah. Allah sangat menyayangi kita sebagai muslimah, sehingga perintah itu berguna untuk melindungi kita dari orang-orang yang ingin berbuat jahat pada kita.
2. Jangan takut terlihat tidak cantik dan menarik, karena sesungguhnya kecantikan itu berasal dari dalam diri kita sendiri. Apalagi sekarang sudah banyak hijab syar’i dengan berbagai model dan motif yang akan membuat Anda tetap cantik dan menarik.
3. Biasanya ketika memilih untuk mengenakan jilbab ada 2 kemungkinan. Didukung atau direndahkan. Ketika keluarga, teman dan kerabat mendukung, maka bahagialah Anda menjalankan pilihan ini. Lalu ketika mereka merendahkan bahkan mencemooh, jangan down dan buru-buru melepaskan jilbab. Ingatlah, Anda tidak sendiri, banyak juga muslimah lain yang mengalami hal ini. Mereka tetap bisa bersabar dan menjalankan kehidupan mereka sebagaimana biasanya.
4. Beri penjelasan kepada orang-orang yang tidak menerima keputusan Anda itu. Bersikaplah seperti biasanya. Tidak menjadi sok alim dan sok shalehah. Tidak mencoba menggurui mereka. Perlihatkan pada mereka bahwa setelah menutup aurat Anda seperti sekarang ini, Anda semakin baik dalam segala hal. Baik dalam hal ibadah maupun hal-hal lainnya. Perlahan namun pasti, ketika mereka memperhatikan perubahan Anda semakin hari semakin lebih baik, insyaallah mereka akan menerima. Bahkan mungkin mereka juga tergugah dan ikut ‘hijrah’ seperti Anda dengan mengenakan pakaian syar’i.
5. Ketika galau masih menyerang karena lingkungan masih belum menerima keputusan Anda, coba berpikir tentang sebuah emas atau logam mulia dan sebuah logam biasa. Emas karena nilainya yang sangat berharga disimpan di dalam lemari kaca dengan pengawasan yang sangat ketat. Sementara logam biasa, bisa ditemukan tanpa perlindungan di mana saja. Begitulah diri Anda. Anda adalah ibarat logam mulia yang ditutup dan disimpan dilemari kaca dan dijaga ketat oleh hijab yang Anda gunakan. Dibanding dengan ketika Anda tidak mengenakan hijab, semua orang bisa memperhatikan bagian tubuh Anda. Saat itu harga Anda sudah seperti logam biasa. Sangat murah dibanding emas si logam mulia.
6. Dengan mengenakan hijab kulit Anda terutama kulit tangan dan kaki juga sangat terlindungi dari sengatan matahari. Jadi tidak ada alasan lagi bagi Anda untuk tetap galau dalam mengambil keputusan ini.
7. Ketika Anda ditolak oleh lingkungan pekerjaan karena peraturan perusahaan. Maka sebaiknya Anda mulai berpikir untuk mencari pekerjaan baru. Tapi sebelumnya cobalah untuk bernegosiasi dengan perusahaan. Karena di negara kita sudah ada perundang-undangan yang mengatur hal ini. Jika kesepakatan tidak diperoleh, lebih baik Anda mencari pekerjaan baru. Karena Allah pasti menyiapkan pintu rejeki di tempat lain. Mungkin saja pintu rejeki itu akan menghasilkan rejeki yang lebih banyak dari sebelumnya. Banyak sudah muslimah yang mengenakan jilbab dan pindah dari perusahaannya yang menolak keputusannya berjilbab, hingga akhirnya bekerja di perusahaan baru dan mendapat penghasilan yang lebih baik.
8. Atau Anda saat ini masih duduk di bangku sekolah atau bangku kuliah. Teman-teman yang tidak terbiasa melihat Anda berhijab, mungkin bisa menerima atau mungkin juga malah berbalik menjadi membenci Anda. Jangan takut dan jangan berkecil hati. Jika ternyata teman-teman lebih memilih membenci dan menjauhi Anda, itu artinya mereka bukanlah sahabat sejati Anda. Karena sahabat dan teman sejati adalah yang mau berbagi dan ada saat Anda senang maupun susah. Teman sejati pasti akan mendukung semua keputusan Anda. Apalagi ini keputusan yang sangat wajib sesuai perintah Allah. Jadi jika mereka tidak bisa menerima Anda karena berhijab, maka katakan say good bye aja pada mereka. Masih banyak teman lain yang pasti mendukung keputusan Anda ini.
9. Pasangan Anda ternyata juga tidak menerima keputusan Anda. Tidak perlu galau, beri penjelasan kepada mereka tentang alasan Anda mengambil keputusan ini. Sama seperti teman, pasangan yang baik, pasti akan mendukung sepenuhnya apa yang Anda putuskan. Tunjukkan kepada mereka walau mengenakan jilbab, Anda masih sama seperti Anda sebelumnya. Hanya saja sekarang lebih santun dan lebih baik dari sebelumnya.
10. Tetaplah istiqamah dengan keputusan Anda ini. Insyaallah keputusan Anda ini akan memberi berkah kepada Anda dan lingkungan Anda. Selamat atas pilihan Anda. Selangkah lagi Anda menuju surga-Nya. [NS]


Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati