Monday, April 11, 2016

Menjaga Rasa Syukur

Ahad 10 April kemarin, saya mengikuti seminar parenting dalam rangka milad TPA Masjid Al Falah Perumahan Pesona Anggrek, Bekasi. Pembicaranya adalah ustadzah Tri Handayani, S.Pd.I, MA. Beliau seorang survivor kanker dan juga penulis.
       Teori parenting yang beliau sampaikan tentunya sangat menarik dan alhamdulillah bisa menjadi pencerahan bagi saya. Tapi bukan itu yang ingin saya tulis saat ini.
     Ada satu hal yang membuat saya begitu kagum dengan sosok beliau. Yaitu ketegaran, kesabaran dan keikhlasan beliau menghadapi ujian penyakit kanker yang diamanahkan Allah pada beliau.

      Saya lupa menanyakan usia beliau. Tapi di awal pembicaraan beliau mengenai parenting, beliau membuka sedikit tentang kanker yang beliau idap.
     Sepanjang usia beliau, ustadzah Tri yang biasa dipanggil Ummi ini sudah menjalani 7 kali operasi. Saya lupa urutan operasinya. Yang saya ingat beliau pernah menjalani operasi tumor otak, nasofaring, kista di rahim, tumor ovarium kanan, usus buntu, kanker kolon, dan saya lupa satu lagi.
     Beliau juga menjalani kemoterapi, radiasi, disuntik imunoglobulin sebanyak 2200 kali dan terapi nuklir (kalau gak salah begitu namanya) dan fisioterapi. Saya lupa mencatat berapa kali persisnya beliau menjalani semua itu. Bahkan beliau pernah diberitahu dokter bahwa beliau akan tutup usia pada tahun 1997. Tapi beliau tak mau kalah dengan penyakit beliau.
     Sungguh beliau membuat saya kagum. Sebagai seorang yang jauh lebih sehat dari beliau, saya merasa sangat malu. Beliau masih berdakwah dan menjadi motivator bagi penderita kanker lainnya hingga ke pelosok negeri. Beliau masih bersemangat melakukan semua kegiatan itu walau saat ini beliau masih mengidap kanker payudara dan sedang menjalani kemoterapi.
      Beliau masih bersemangat menyebarkan ilmu beliau. Memberi semangat untuk semua orang. Mengajak orangtua untuk menjadi orang tua shalih dan shalihah bagi anak-anak mereka. Mengajak penderita kanker untuk tetap semangat menjalani kehidupan. Beliau masih menulis novel motivasi yang berjudul Mengejar Pelangi.
      Walau kadang beliau muntah darah ketika sedang melakukan kegiatan itu, tapi semangat beliau tak pernah padam. Beliau bahkan mengerjakan pekerjaan rumah tangga dan mengasuh sendiri dua anak beliau tanpa bantuan asisten RT. Maa SyaAllah... Sungguh saya tak bisa berucap apa pun tentang kekaguman saya pada beliau.
      Dari semua itu, yang paling membuat saya tak habis pikir adalah keikhlasan beliau mengizinkan suami beliau untuk berpoligami. Karena beliau menyadari bahwa kondisi beliau yang sering sakit itu tak memungkinkan beliau untuk menunaikan salah satu kewajiban beliau sebagai istri.
     Sungguh Ummi ini memiliki hati seluas samudera. Saya hanya ingin belajar lebih banyak lagi tentang kesabaran dan semangat beliau. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan memberikan kekuatan lebih kepada Ummi Tri.
      Semoga saya selalu bersyukur atas nikmat sehat yang diberikan Allah. Tidak mengeluh ketika mengalami sakit. Karena sakit yang saya alami tentulah tidak seberat sakit Ummi Tri. Semoga saya bisa menularkan rasa syukur itu kepada keluarga dan sahabat semua.
      Cara bersyukur ketika sakit adalah dengan melihat orang yang mengalami sakit lebih parah dari penyakit kita.
     Cara bersyukur ketika sehat adalah menjalani aktivitas dan ibadah dengan maksimal dan sebaik-baiknya.
     Cara bersyukur ketika kita hanya memiliki sedikit harta adalah dengan melihat orang yang bahkan tidak punya harta sama sekali.
      Bersyukur kita bisa beribadah dengan aman dan tenang. Sementara di bagian bumi lain, saudara muslim kita tak bisa khusu' beribadah.
     Bersyukur kita masih bisa merasakan nikmatnya makan, karena di tempat lain, masih banyak saudara kita yang tidak punya makanan sama sekali.
      Dan masih banyak cara bersyukur lainnya agar kita selalu berada di jalan-Nya.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^