Tips Hemat Membersihkan Peralatan Rumah Tangga



                                                      
  Beberapa waktu lalu saya membersihkan gudang di rumah saya. Ternyata saya menemukan “harta karun” berupa koran dan tabloid lama. Saya membuka dan membaca kembali beberapa arikel di tabloid tersebut. Salah satunya cara hemat membersihkan peralatan rumah tangga. Saya akan berbagi tips tesebut  dengan Anda. Selamat berhemat ya. ^_^


Agar Kain Putih Kembali Cemerlang.
Gorden/ vitrase, spei sarung bantal dan bahan dari kain yang berwarna putih lainnya, setelah lama dipakai, bisa hilang kecemerlangannya. Ada ide murah untuk mengembalikan warna putih bahan-bahan tersebut.
  1. Siapkan satu ember air yang telah dibubuhi deterjen secukupnya.
  2. Masukkan 10 sendok cuka kedalam larutan deterjen, aduk sampai rata. Cara ini akan membuat kotoran lebih mudah rontok, sehingga kain lebih gampang dicuci.
  3. Tambahkan 4 buah perasan jeruk nipis k edalam larutan deterjen, dan cuka tadi. Jeruk nipis bisa membuat, cucian putih makin cemerlang.
  4. Masukkan gorden/ kain putih lainnya ke dalam larutan tadi, kemudian diamkan selama 1,5 jam. Setelah itu cuci gorden / kain putih seperti biasa dan dibilas. Lalu di jemur di bawah sinar matahari. Hasilnya Anda akan lihat sendiri, betapa gorden Anda yang tadinya kusam, berubah menjadi seperti baru kembali.

Membersihkan kerak didasar setrika 
Noda atau kerak yang terdapat didasar setrika, mungkin karena terlalu panas kemudian lengket  pada pakaian yang disetrika dan meninggalkan bekas berwarna hitam. Hal ini disamping membuat setrika menjadi kurang bisa melicinkan baju dengan sempurna, juga akan membutuhkan waktu sedikit lama. Karena biasanya panasnya setrika juga berkurang. Tentunya akan sangat merepotkan Anda. Cara membersihkannya ialah dengan menggunakan lap basah yang sudah direndam air teh dingin.
Atau jika setrika terasa lengket karena terlalu panas, kita bisa menggosokkannya di atas daun pisang. Niscaya setrika tidak akan lengket lagi. Dan bisa digunakan kembali.
Menyiram pot gantung.
Ini sangat bermanfaat untuk kita. Karena jika menyiram pot gantung, pastilah air bekas menyiram akan kembali mengenangi lantai rumah kita. Jika Anda tidak memilik banyak waktu untuk mengepelnya kembali, langkah berikut ini akan sangat membantu Anda. Manfaatkanlah es batu secukupnya, karena es batu akan mencair secara perlahan dan meresap kedalam tanah dalam pot secara perlahan juga. Sehingga tidak akan membasahi lantai Anda. Tentunya terlebih dahulu Anda harus menyimpan air untuk menyiram tamnaman dalam pot gantung itu di dalam freser.
Lilin berumur panjang.
Ternyata pemakaian lilin bisa kita hemat, sehingga bisa menyala sampai satu malam. Biasanya lilin kita gunakan jika listik padam di malam hari. Sebaiknya lilin ini Anda taruh di dalam toples kaca jika anda menyalakannya. Karena biasanya di saat tidur kita kurang waspada sehingga jika lilin meleleh, maka lelehannya akan tetap berada di dalam toples itu. Jika lilin terjatuh, maka lilin tetap berada ditempatnya dan tidak menggelinding ke tempat lain yang bisa mengakibatkan terjadinya kebakaran di rumah Anda.
Cara menghemat lilin ialah dengan meremdam lilin terlebih dahulu di dalam air yang sudah dicampur garam selama minimal 2 malam. Setelah itu lilin dijemur sampai kering. Setelah kering, lilin pun siap dinyalakan. Biasanya setelah direndam 2 malam, lilin berukuran 10 CM bisa bertahan 11 jam. Lumayan bukan !
Membersihkan lubang shower.
Kotoran yang menutupi lubang shower sangat mengganggu di saat mandi. Dikarenakan air yang keluar jadi berkurang karena tertutup kotoran tersebut. Disamping itu juga mengurangi keindahan shower Anda. Kotoran itu dapat Anda bersihkan dengan menggunakan catton bud yang sudah ditetesi alkohol. Gosokkan catton bud itu kelubang shower, sampai semua lubang bersih dan air dalam shower dapat mengalir dengan lancar. Atau bisa juga dengn menyikat lubang shower menggunakan sikat gigi bekas.
Aquarium bening kembali.
Aquarium atau vas kaca serta kaca kamar mandi atau kaca lainnya yang sering terkena air dan lama tidak dibersihkan, biasanya memilik noda yang bentuknya mirip lapisan kerak tipis. Noda ini timbul karena sisa-sisa air yang sulit sekali dihilangkan. Pasta gigi bisa digunakan untuk membersihkan noda yang mengganggu ini.
Caranya, oleskan sedikit pasta gigi di atas permukaan kaca, sikat dengan menggunakan sikat yang halus (bisa juga menggunakan sikat gigi bekas), kemudian bilas dengan air sampai bersih. Aquarium atau kaca lainnya akan bening kembali.
Mengusir kecoa dari kamar mandi.
Kamar mandi yang bau dan sering didatangi kecoa , paling tidak enak digunakan untuk mandi. Apalagi untuk anak-anak yang takut sama kecoa. Sebaiknya Anda memanfaatkan cara jitu berikut ini
Taruh segenggam biji bunga lavender ke dalam botol kaca. Atau bisa juga Anda gunakan bungan melati kering dicampur garam. Letakkanlah benda-benda ini disamping kloset atau rak yang ada dikamar mandi. Bau dari bunga-bunga itu akan bisa mengusir kecoa dan kamar mandi Anda pun menjadi segar.
Toples Bening Kembali
Toples kaca atau botol kaca yang jarang dipakai atau disimpan terlalu lama, warnanya bisa kekuningan. Jangan buru-buru membuangnya, karena ada cara mudah dan hemat untuk membersihkannya.
 Ambil segenggam asam jawa, masukkan ke dalam toples yang berwarna buram tadi. Isi toples dengan air sampai penuh, lalututup. Diamkan selama semalaman. Setelah itu, cuci toples dengan sabun seperti biasa dan keringkan. Toples pun  akan kembali bening.
Membersihkan Kerak Kamar Mandi
1. Siapkan perlatan seperti lap, sikat (besar dan kecil), ember, gayung, sitrun dan air secukupnya.Sitrun dapat Anda beli ditoko kue, biasanya digunakan untuk campuran es buah.
2. Basahi permukaan keramik dengan air secukupnya. Biarkan beberapa saat sampai permukaan keramik tidak terlalu basah.
3 . Taburkan sitrun (asam sitrat) secukupnya pada area yang akan dibersihkan. Dinding dalam dan luar bak mandi. Biarkan sitrun bereaksi selama kurang lebih satu jam.
4. Sikatlah permukaan keramik dengan sikat besar, sedangkan sikat kecil untuk nat dan sudut-sudutyang tidak bisa dijangkau sikat besar.
5. Setelah itu siram  dengan air bersih dan bilas sampai benar-benar bersih.
6. Keringkan permukaan keramik dengan lap kering.
7.  Kerak pada kamar mandi terangkat dan terlihat bersih kembali. 

Comments

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati