Skip to main content

Oh Bunga Dahlia yang Malang





          Saya sangat menyukai Bunga Dahlia. Di kampung saya di Bukittinggi, bunga ini tumbuh mekar di halaman rumah tante saya. Karena tinggal di Bekasi, saya juga ingin menanam bunga ini di halaman rumah saya.

        Suatu hari saya meminta ayah saya membawa bunga ini ke Bekasi ketika beliau hendak mengunjungi keluarga kecil kami. Ayah menepati janjinya. Beliau membawa sekantong bonggol bunga Dahlia sebagai oleh-oleh.
        Ketika beliau sampai di rumah, beliau meletakkan kantong berisi bonggol dahlia di teras rumah kami. Beliau berpikir akan menanamnya besok. Ayah tidak memberitahu saya kalau kantong itu diletakkannya di teras.
        Keesokan harinya ketika ayah akan menanam bonggol dahlia itu, beliau terpekik sambil mengucapkan istighfar. Saya buru-buru ke teras dan melihat apa yang terjad. Bonggol dahlia yang dibawa ayah sudah acak-acakan. Sepertinya semalam tikus got berpesta pora menikmati oelh-oleh dari Bukittinggi itu.
      “Ganas banget tikus-tikus di sini ya?” ujar ayah dengan senyum kecut.


Foto : http://www.gardenaction.co.uk/images/dahlia-tubers-whole.jpg

Foto : http://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Dahlia_x_hybrida.jpghttp://id.wikipedia.org/wiki/Berkas:Dahlia_x_hybrida.jpg

Dahlia adalah tanaman perdu berumbi yang sifatnya tahunan (perenial), berbunga di musim panas sampai musim gugur. Dahlia adalah bunga nasional negara Meksiko yang juga merupakan negara asal bunga ini.
Dahlia termasuk bunga yang terlambat dikembang-biakkan. Pada tahun 1872, negeri Belanda menerima sekotak umbi Dahlia yang dikirim dari Meksiko. Dari sekotak umbi bunga Dahlia ternyata hanya satu umbi yang berhasil berbunga namun menghasilkan bunga indah berwarna merah dengan daun bunga yang runcing. Ahli tanaman berhasil mengembang biakkan Dahlia yang kemudian dinamakan Dahlia juarezii. Dahlia juarezii merupakan nenek moyang semua bunga Dahlia hibrida (persilangan) yang terdapat sekarang ini.
Tanaman dahlia adalah makanan larva beberapa spesies Lepidoptera (jenis kupu-kupu).
Bunga Dahlia dinamakan untuk menghormati ahli botani berkebangsaan Swedia dari abad ke-18 yang bernama Anders Dahl. [http://id.wikipedia.org/wiki/Dahlia]

Comments

  1. Cantiknya bunga dahlia itu mba

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Mbak Evri. Ini baru satu warna, bunga dahlia ada banyak warna. Subhanallah... sebenernya Indonesia in kaya banget dengan keragaman floranya. Makasih sudah mampir ya ^_^

      Delete
  2. Saya baru tau kalau bunga dahlia yang ditanam bonggolnya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Begitulah Mak Niken, Dahlia itu yang ditanam bonggolnya. :)

      Delete
  3. aduh cantiknya..., eh gimana jadinya, bonggolnya bisa ditanam atau tak jadi nanam dahlianya? salam kenal ya dan sukses untuk GAnya

    ReplyDelete
  4. akhirnya gak jadi ditanam mak Santi. kan udah abis berantakan dimakan tikus. saya udah minta lagi dibawain dari kampung, tapi ayah saya lupa melulu bawanya. :D nyari di bekasi nggak ada. :(

    ReplyDelete
  5. oh ternyata berumbi, ya. Sy kirain spt akar bunga biasa

    ReplyDelete
  6. Sudahkah kirim biodata ke murtiyarini@ipb.ac.id ? Ditunggu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap Mak Arin. Segera menuju email. Makasih ya Mak. :)

      Delete
  7. Terimakasih atas sharing ilmu dan pengetahuanya.semoga selalu menjadi bagi semuanya. salam sukses selalu.Amin
    htt://karanganbungapapanblog.wordpress.com
    0812.4912.3012

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kira-kira tiga bulan lalu, saya merasa ada yang aneh dengan penglihatan saya. Saya melihat benda seperti melihat dibalik fatamorgana atau melihat dibalik air. Seolah benda yang saya lihat itu tidak diam. Walau terasa tidak nyaman, saya berusaha melakukan semua kegiatan saya seperti biasanya. Saya mengantar Hauzan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah dan menulis.
       Hanya saja, semakin hari penglihatan saya makin terasa tidak nyaman. Tanpa sengaja suatu hari saya mengucek mata kiri sambil melihat ke dinding. Saat itu saya melihat dengn mata kanan saya. Ada sesuatu yang aneh ternyata pada mata kanan saya. Dinding rumah yang seharusnya berwarna krem, ternyata ada lingkaran berwarna coklat sebesar bola sepak dalam penglihatan mata kanan saya. Karena penasaran saya coba menutup mata kiri dan melihat dengan mata kanan saja. Saya masih melihat hal yang sama. Ada lingkaran penuh dengan warna coklat bening terlihat di dinding rumah.

Kejadian Aneh di Asrama

Masuk Asrama            Alhamdulillah bulan april 1993, aku diterima di sebuah Sekolah Perawat Kesehatan di kotaku. Peraturannya, setiap siswa Sekolah Perawat Kesehatan harus bermukim di asrama. Pada hari yang telah ditentukan akupun masuk asrama bersama temanku yang lain. Kamipun di tempatkan di kamar yang khusus untuk siswa tahun pertama.
            Sebelum masuk asrama, kami wajib membawa baju dan peralatan lainnya yang sudah ditentukan oleh sekolah. Seperti baju rumah 3 stel, baju tidur 3 stel, baju seragam 3stel dan seterusnya. Bagiku ini bukan masalah, karena aku memang hanya punya sedikit pakaian yang aku pakai silih berganti.
           Tidak demikian halnya dengan beberapa orang temanku. Ada yang mengeluh ketika guru asrama memeriksa barang bawaan kami. Ketika beliau menemukan kelebihan pakaian dari yangseharusnya, maka pakaian itu harus dibawa pulang kembali oleh orangtua atau wali murid yang mengantar kami saat itu.  
            Kehidupan asrama, mulai aku rasakan. Ada s…

Membuat Paspor Online yang Berakhir Offline

Ada pengalaman sedih saat saya mengurus Paspor beberapa hari lalu. Pasalnya saya sudah merasa persiapan saya sempurna. Saya sudah mendaftar dan mengisi beberapa data di formulir pembuatan Paspor online. Saya juga sudah mengirim scan surat-surat penting. Dan saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kedatangan pembuatan paspor dari imigrasi pada tanggal 30 April 2014. Yang meminta saya membawa berkas tersebut ke bank dan membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di berkas yang dikirimkan ke email saya.