Thursday, November 8, 2018

Tip Jika Wudhu Batal Ketika Berada di Masjidil Haram

        Sobat SM, Alhamdulillah beberapa waktu lalu kita sudah melaksanakan Idul Adha. Para jamaah calon haji kita di Makkah juga sudah mendapat gelar haji sekarang. Karena kegiatan utama dari berhaji yaitu wukuf di Arafah sudah mereka jalani dengan hati ikhlas dan sabar.
         Sekarang kita doakan semua jamaah haji kita bisa kembali ke kampung halamannya masing-masing dengan selamat, aman, sehat tanpa kendala yang berarti. Aamiin…

         Nah insyaallah di bulan oktober dan desember mendatang YPI Al Muchtar akan menyelenggarakan Umroh regular. Jika Sobat SM berminat ingin berumroh, ayo segera mendaftar yuk!
         Kali ini kami dari tim redaksi ingin berbagi sebuah tip untuk sobat SM yang akan menunaikan ibadah umroh bersama YPI Al Muchtar. Tip yang akan kami bagikan adalah tentang tempat wudhu di dalam masjidil haram. Ayo simak tip dari kami berikut ini!
         Biasanya sebelum berangkat ke masjid, kita udah berwudhu dari hotel. Tapi bisa saja setelah menjalankan serangkaian proses umroh seperti thawaf, sai dan tahalul, tiba-tiba wudhu kita batal karena buang angin. Padahal beberapa menit lagi waktu shalat akan segera masuk. Jika kita pergi berwudhu keluar masjid, pasti tempat yang kita tempati ini akan segera diisi oleh jamaah lain. Bisa-bisa kita tidak kebagian shaf di dalam masjid. 
         Jangan panik! Coba sobat perhatikan di sekitar tempat sobat berdiri. Karena di sekitar kita pasti ada tempat wudhu. Hanya khusus untuk wudhu ya. Nggak ada toiletnya. Kalau mau ke toilet, harus keluar dulu dari masjid. Di luar ada beberapa toilet meski tempatnya cukup jauh.  
         Nah kembali ke tempat wudhu, Untuk perempuan tempat wudhunya ditutupi kain hijau seperti ini. Untuk laki- tidak ditutupi. Tempatnya beda dengan tempat perempuan. Ada 6000 tempat wudhu seperti ini di dalam masjidil haram. Jadi kita nggak usah panik ketika wudhu kita batal.
         Dan ingat, jangan gunakan air zam-zam untuk berwudhu ya. Sayang kan... karena air zam-zam khusus untuk diminum. Pengelola Masjidil Haram juga sudah memberi peringatan bahwa air zam-zam hanya untuk diminum. Mereka membuat pengumuman seperti ini di dekat gallon air zam-zam.Tapi sayangnya masih banyak orang yang menggunakannya untuk wudhu. Mungkin mereka nggak tahu di mana tempat wudhunya. Karena memang nggak ada petunjuk arah ke tempat wudhu. Hanya kita saja yang harus mencari sendiri. 
         Semoga tip ini, bisa menambah pengetahuan sobat SM yang akan umroh. Dan kasih tahu sahabat lainnya, agar makin banyak orang yang tahu makin sedikit juga yang menggunakan air zam-zam untuk wudhu. Semoga Allah memberkahi ibadah kita. Aamiin... 😇 selamat menjalankan ibadah umroh. [NS]

catatan: Naskah ini ditulis untuk majalah Shoutul Muchtar, majalah Yayasan Pendidikan Islam Al Muchtar Bekasi Utara. Dimuat pada edisi bulan Oktober 2018.

0 comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah berkunjung. ^_^