Belajar Menulis Artikel Online Untuk Alumni MTI Candung

Assalamualaiku wr wb. Semoga sahabat semua dalam keadaan sehat ya. Terima kasih bagi sahabat yang masih mengikuti kelas saya. Terima kasih juga untuk artikel yang sudah diposting di sini. Baiklah, saya berasumsi sahabat semua sudah mengerti dengan prinsip dasar dari menulis atau mengarang. Kita akan melanjutkan ke pelajaran berikutnya yaitu hal-hal yang harus kita perhatikan ketika menulis atau mengarang.

       Pertama kita harus mengerti dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan) Maksudnya di sini adalah pemahaman kita tentang penggunaan tanda baca, huruf besar (kapital), penggunaan kata depan, imbuhan dan lainnya. Yang paling harus kita pahami adalah penggunaan tanda baca dan huruf besar. Karena akan sangat berpengaruh pada pembaca saat mereka membaca artikel kita.
       Secara tidak formal, para editor menyarankan untuk menggunakan kalimat yang mengandung kata-kata SPOK (Subjek, Prediket, Objek dan Keterangan) Satu kalimat yang terdiri dari 4-5 kata saja. Ini dinamakan dengan kalimat efektif. Tapi tak mengapa jika kita ingin membuatnya menjadi kalimat majemuk, atau kalimat majemuk bertingkat. Yaitu dengan menambahkan koma untuk memenggal kalimat kita.
       Untuk kalimat majemuk ini, disarankan tidak terlalu panjang. Sekitar 10 kata saja. Hal ini dimaksudkan agar kalimat yang kita tulis, lebih mudah dibaca dan dipahami pembaca.
       Saran lainnya adalah kita membuat artikel yang kita pecah menjadi beberapa paragraf. Satu paragraf sebaiknya terdiri dari 5-6 kalimat saja. Tujuannya sama dengan membuat kalimat kalimat efektif tadi, agar pembaca tak bosan membaca artikel kita.
        Selanjutnya dalam satu artikel, kita harus memperhatikan 5 W dan 1 H (Who, Where, When, What, Why dan How) Siapa, Di mana, Kapan, Apa, Kenapa dan Bagaimana.
Misalnya: Siapa tokohnya (karakter dalam tulisan)
                Di mana kejadiannya
                Kapan kejadiannya
                Apa yang terjadi
                Kenapa hal itu terjadi
                dan bagaimana proses kejadiannya.

Demikian materi kelas kita hari ini. Silakan kalau ada pertanyaan. Selamat beraktivitas untuk sahabat semua. Have a nice day everyone... ^_^

Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kejadian Aneh di Asrama

Summarecon Bekasi, Dekat di Hati