Skip to main content

Profil Saya


Biodata
Nama                                   : Nelfi Syafrina S.S
Tempat, Tanggal Lahir        : Bukittinggi 3 september 1975
Jenis Kelamin                      : Perempuan
Agama                                 : Islam
Kewarganegaraan               : Indonesia
Email                                  : nelfisyafrina@rocketmail.com
FB                                        : Nelfi Syafrina
Twitter                                : @nelfisyafrina
Blog                                  
 : http://nelfisyafrina.blogspot.co.id

IG                                        : @nelfisyafrina


Latar belakang Pendidikan :
1981                   : SD Inpres Bukitcangang Bukittinggi
1987                  : Ponpes MTI Candung, IV Angkat Candung, Sumbar
1993                   : SPK Yarsi Bukittinggi Sumbar. 
2008                   : S1 Penerjemahan. Universitas Terbuka Jakarta

Pengalaman Kerja

1996 – 1997   :  Perawat di Puskesmas Mandiangin Koto Salayan Bukittinggi Sumbar.
1997 -  2001  :  Perawat di Rumah Sakit Mitra Keluarga Bekasi Barat.
2007 – 2009  :  Mengajar di TPA Alfalah Perumahan Pesona Anggrek Bekasi.
2006 – Sekarang  :  Penulis
Januari 2012    : Memberi pelatihan menulis Picture Book online bersama Indah Julianti Sibarani dan Shinta Handini bagi 10 orang penulis selama satu bulan.
4 Maret 2012   : Memberi pelatihan menulis di PPM Manajemen Jakarta untuk anak-anak panti asuhan se jakarta Pusat.
Maret, April, Mei dan Juni 2012 : Memberi pelatihan menulis di Unisma Bekasi untuk FLP Kids Bekasi. (Sekali sebulan)
29 Maret 2012 : Memberi pelatihan menulis di SMP Pelita Harapan International Lippo Cikarang.
1 April 2012 : Memberi pelatihan menulis di Panti Asuhan Muslimin Jakarta.
April 2012 hingga sekarang : Menjadi guru ektra kulikuler di Klub Menulis SDIT Almuchtar Bekasi Utara. Bekasi.

Karya yang pernah terbit
2006  : Tips Agar Tidak Gonta Ganti Pembantu ( Media Sukses)
2006  : Novel anak Laptop Ajaib  ( Zikrul Kids )
2007  : Novel Anak Berpetualang ke Neger Sains Bersama Lepi  (Zikrul Kids )
2011  : Antologi Inspirasi Menulis (Leutika Prio)
2012  : Novel Anak seri Junior Chef, Kania’s Dream  ( Dar! Mizan )
2012 : Antologi Mengapa Harus Valentine? ( Indie Publishing )
2012 : Antologi Detik demi Detik ( Pena Oren )
2012 : Picture Book My Lovely Brownies ( Dar! Mizan )
2013 : Antologi Hati-hati Yaaa (BIP)
2013 : Antologi #Hijab1st (Qultum Media)
2013 : Novel Anak Seri Kecil-Kecil Jadi Detektif : Teror Hantu Ungu ( Dar! Mizan)
2013 : Non Fiksi Anak : 200 Fakta Luka (Alex Media Komputindo)
2013 : Novel Anak Ekor Baru Untuk Siru ( Qibla/BIP)
2013 : Nonfiksi Anak : Hobiku (Balai Pustaka)
2013   : DAI Anak Muslim Cerdas (Dar! Mizan)
2013 : Cerita Rakyat Afrika Selatan (Andi Publishing / Nyonyo)
2014 : Seri Teka-teki Shalahudin Al-Ayubi, Umar Bin Khattab, Abu Dzar Al Ghifari, Bilal Bin Rabah, Saad bin Abi Waqqash, Abdurrahman bin Auf. (Tiga Ananda, Tiga Serangkai)
 2014 : Antologi Mereka Bicara Fakta. Wajah sitem dan Regulasi Kesehatan Indonesia ( Insist Press )
2015: Antologi, Kumcer Fabel Nusantara Bertutur (Klasika)
2015: Seri Teka-teki Hari Ceria Islam : Haji, Idul Adha, Idul Fitri dan Ramadhan (Tiga Ananda)
2015: Seri Aktivitas Anak Muslim Ceria : Aku Anak Cerdas dan Shaleh, Doa Sehari-hari, Hari Besar Islam, Mewarnai Hari Raya Islam. (Quanta Kids)
2015: Ssst… Itu Cuma Mitos (Tiga Ananda)
2015: Komik Fantasteen, Cindaku (Dar! Mizan)
2016: Seri Teka-teki Hari Ceria Islam, Haji, Idil Adha, Idil Fitri, Ramadan (diterjemahkan oleh penerbit Ana Muslim, Malaysia)
2016: Kisah Para Shahabiyyah dan Tabi’iyyah (Tiga Ananda)
 2016: Biografi Ulama-ulama Besar Dunia (Tiga Ananda)
2016: Princess Juara (Tiga Ananda)

 2006 – sekarang : Beberapa cerpen dan artikel parenting, artikel Profile Penulis, artikel jalan-jalan dimuat di beberapa media seperti Majalah Ummi, Republika, Majalah Imut, dan Harian Analisa Medan.

Beberapa naskah yang pernah dimuat di media cetak :

1.     Suara Kodok (Cerpen anak, Permata Majalah Ummi tahun 2006)
2.     Perasaan Birdy (Cerpen Anak, Majalah Imut 2011)
3.     Kenapa Tidak Boleh Jajan Sembarangan (Artikel Parenting, Harian Republika 2012)
4.     Ketika Hikmal Minta Membatalkan Puasa (Artikel Parenting, Harian Republika 2012)
5.     Dengan Menulis Wylvera Windayana Mengeksplorasi Imajinasi (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2012)
6.     Ina Inong, Tidak Cepat Puas Dengan Hasil Yang Diperoleh (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2012)
7.     Ingin Menjadi Ladang Pahala, Alasan Fita Menjadi Penulis (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2012)
8.     Nagiga : Menulis Adalah Profesi Yang Sangat Menjanjikan (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2012)
9.     Dewi Cendika, Meningkatkan Semangat Kerja Dengan Menulis (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2013)
10.  Berawal Dari Hobi, Lily Berhasil Keluar Negeri Melalui Ilustrasi (Artikel Profil, Harian Analisa Medan 2013)
11.  Berwisata Ke Masjid Kubah Emas, Dian Al Mahri (Artikel WIsata, Harian Analisa Medan 2013)
12.  Gru, Sahabat Sejati (Dongeng Anak Nusantara Bertutur, Kompas Klasika 2014)
13.  Putri Andam (Dongeng Anak Nusantara Bertutur, Kompas Klasika 2014)


Penghargaan :
2013 : Juara 1 Lomba Blog Pilkada Bekasi yang diselenggarakan Bloger Bekasi
2013 : Juara 3 Lomba Novel Islami, Bunyan Bentang Pustaka
2013 : Naskah Favorit di beberapa lomba blog. Antara lain :
           - Blog FPKR (Forum Peduli Kesehatan Rakyat)
           - Festival Fiksi Anak (Kompasiana)
          - Cerpen Gurita (Winner Class)
2014 : Penghargaan Kategori Buku Fiksi Anak Terbaik versi IBF AWARD, 1 Maret 2014



Comments

Popular posts from this blog

Infeksi Saraf Mata Akibat Sres dan Kecapaian

Kira-kira tiga bulan lalu, saya merasa ada yang aneh dengan penglihatan saya. Saya melihat benda seperti melihat dibalik fatamorgana atau melihat dibalik air. Seolah benda yang saya lihat itu tidak diam. Walau terasa tidak nyaman, saya berusaha melakukan semua kegiatan saya seperti biasanya. Saya mengantar Hauzan sekolah, mengerjakan pekerjaan rumah dan menulis.
       Hanya saja, semakin hari penglihatan saya makin terasa tidak nyaman. Tanpa sengaja suatu hari saya mengucek mata kiri sambil melihat ke dinding. Saat itu saya melihat dengn mata kanan saya. Ada sesuatu yang aneh ternyata pada mata kanan saya. Dinding rumah yang seharusnya berwarna krem, ternyata ada lingkaran berwarna coklat sebesar bola sepak dalam penglihatan mata kanan saya. Karena penasaran saya coba menutup mata kiri dan melihat dengan mata kanan saja. Saya masih melihat hal yang sama. Ada lingkaran penuh dengan warna coklat bening terlihat di dinding rumah.

Kejadian Aneh di Asrama

Masuk Asrama            Alhamdulillah bulan april 1993, aku diterima di sebuah Sekolah Perawat Kesehatan di kotaku. Peraturannya, setiap siswa Sekolah Perawat Kesehatan harus bermukim di asrama. Pada hari yang telah ditentukan akupun masuk asrama bersama temanku yang lain. Kamipun di tempatkan di kamar yang khusus untuk siswa tahun pertama.
            Sebelum masuk asrama, kami wajib membawa baju dan peralatan lainnya yang sudah ditentukan oleh sekolah. Seperti baju rumah 3 stel, baju tidur 3 stel, baju seragam 3stel dan seterusnya. Bagiku ini bukan masalah, karena aku memang hanya punya sedikit pakaian yang aku pakai silih berganti.
           Tidak demikian halnya dengan beberapa orang temanku. Ada yang mengeluh ketika guru asrama memeriksa barang bawaan kami. Ketika beliau menemukan kelebihan pakaian dari yangseharusnya, maka pakaian itu harus dibawa pulang kembali oleh orangtua atau wali murid yang mengantar kami saat itu.  
            Kehidupan asrama, mulai aku rasakan. Ada s…

Membuat Paspor Online yang Berakhir Offline

Ada pengalaman sedih saat saya mengurus Paspor beberapa hari lalu. Pasalnya saya sudah merasa persiapan saya sempurna. Saya sudah mendaftar dan mengisi beberapa data di formulir pembuatan Paspor online. Saya juga sudah mengirim scan surat-surat penting. Dan saya juga sudah mendapatkan konfirmasi kedatangan pembuatan paspor dari imigrasi pada tanggal 30 April 2014. Yang meminta saya membawa berkas tersebut ke bank dan membayarkan sejumlah uang sesuai yang tertera di berkas yang dikirimkan ke email saya.